a

Food Estate Tingkatkan Pendapatan Keluarga Petani

Food Estate Tingkatkan Pendapatan Keluarga Petani

JAKARTA (14 Oktober): Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan program lumbung pangan alias food estate merupakan program jangka panjang yang dapat menciptakan lapangan kerja baru di pedesaan. Program itu juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga petani dan memastikan ketahanan pangan secara nasional.

Dengan program ini, kata Mentan, nantinya akan ada kelompok tani yang menggarap lahan seluas 100 hektare (ha) dan lahan 1.000 ha akan digarap oleh gabungan kelompok tani yang dikorporasikan menjadi lebih besar lagi hingga 10 ribu ha.

"Diharapkan nantinya petani tidak lagi menjual gabah secara murah. Artinya semua harus hilirisasi dan industrinya harus dirancang dengan baik," katanya, Selasa (13/10). 

Menurut Mentan, kawasan pengembangan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah akan dijadikan sebagai lahan percontohan dengan penerapan sentuhan teknologi pertanian modern sehingga budidaya pertaniannya berbeda dari cara tradisional.

"Dalam proyek lintas kementerian ini, penerapan mekanisasi serta teknologi pertanian diharapkan dapat mengoptimalkan rawa menjadi lahan pertanian produktif dan meningkatkan produksi pertanian," jelas Menteri Syahrul Yasin Limpo.(medcom/*)

Add Comment