a

Garnita DIY Bantu Dua Unit Traktor untuk Poktan Gunungkidul

Garnita DIY Bantu Dua Unit Traktor untuk Poktan Gunungkidul

YOGYAKARTA (8 Oktober): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garnita Malahayati NasDem DIY menyerahkan bantuan berupa dua unit traktor kepada kelompok tani di Kabupaten Gunungkidul, DIY. Kedua kelompok tani (Poktan) itu adalah Poktan Tunggal Jiwo, Desa Giriharjo Kecamatan Panggang, dan Poktan Gandu Rejo, Desa Martelu Kecamatan Gedangsari. 

Penyerahan traktor itu dilakukan oleh Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem DIY, Erni Irawati pada Jumat (2/10) disaksikan Kepala  Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Gunungkidul Ir. Bambang Wisnu Broto, Ketua DPD NasDem Gunungkidul, Anggota DPD Garnita Gunungkidul.

Dengan adanya bantuan hand traktor dari Ketua Umum Garnita Malahayati NasDem itu, tentu sangat membantu petani dalam mengolah sawah dan bisa meningkatkan produksi pangan lokal dan stok pangan yang berputar cepat, minimal pengamanan pangan bagi petani dan masyarakat sekitar Gunungkidul.

"Kami berharap agar poktan penerima hand tracktor ini bisa merawat traktornya dengan baik supaya bisa digunakan semaksimal mungkin dan bisa disewakan ke poktan lain. Hasilnya bisa menambah kas poktan, dengan catatan sudah selesai menggarap sawah seluruh anggota Poktan," ujar Erni Irawati. 

Sekretaris Kelompok Tani Gandu Rejo Gedangsari, Anjar Atmanta mengaku senang bantuan ini cepat terlaksana karena menurutnya, traktor tersebut dapat mempercepat pengolahan lahan untuk musim tanam. 

"Kami berharap DPW Garnita Malahayati se Indonesia di bawah kepemimpinan Indira Chunda Thita Syahrul menjadi pelopor gerakan perubahan bagi isu ketahanan pangan di masyarakat. Disadari sepenuhnya jika kaum ibu atau perempuan adalah pelaku penyangga utama ketahanan pangan keluarga, sehingga pemberdayaan dan penguatan perannya dijadikan prioritas program kami," ungkap Anjar.(*) 

Add Comment