a

DPR Dukung Erick Bubarkan BUMN yang Jadi Beban

DPR Dukung Erick Bubarkan BUMN yang Jadi Beban

JAKARTA (1 Oktober): Langkah Menteri BUMN, Erick Thohir yang akan membubarkan 14 perusahaan plat merah jika sudah membebani negara tidak menjadi persoalan. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung di Jakarta, Rabu (30/9).

"Perusahaan-perusahaan yang tidak lagi memberikan pemasukan atau bahkan sudah menjadi beban bagi negara, maka sebaiknya dibubarkan," tegas Martin.  

Terkait pekerja di 14 BUMN yang akan dibubarkan itu, Legislator muda NasDem tersebut meminta agar pemerintah menjalankan aturan sesuai perundang-undangan yang mengatur hak dan kewajiban pekerja, serta mencari solusi yang dapat diterima kedua pihak.

"Mengingat kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini, maka saya minta agar dibuat kebijakan yang lebih baik. Sebesar-besarnya menghindari terjadinya PHK," tutur Martin. 

Legislator NasDem dari Dapil Sumatera Utara II itu menambahkan, bisa saja pekerja dari 14 perusahaan tersebut dialihkan ke BUMN lainnya. Namun, hal itu dapat dilakukan jika perusahaan tersebut benar-benar sehat keuangannya.

"Bisa juga (dialihkan), tapi harus dilihat kondisi BUMN yang lain tersebut seperti apa. Semuanya sekarang kan sedang mengalami tekanan akibat pandemi ini," pungkas Martin.(RO/*)

Add Comment