a

Nurhadi Salurkan Bantuan berupa Lapangan Serbaguna

Nurhadi Salurkan Bantuan berupa Lapangan Serbaguna

BLITAR (24 September): Dalam mendukung upaya meminimalisasi konflik sosial di masyarakat, anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Nurhadi menyalurkan bantuan berupa lapangan serbaguna di Desa Mangunan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Penyerahan bantuan itu diselenggarakan di Aula Balaidesa, Kamis (24/9) dikemas dengan sarasehan keserasian sosial 2020. Bantuan itu merupakan program Kemensos kepada masyarakat. Selain anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem tersebut, acara dihadiri Dinsos Kabupaten Blitar, pendamping desa, dan kepala desa setempat.

Sukamdi , Kepala Desa Mangunan, dalam sambutanya menjelaskan, program itu merupakan wujud bantuan Kementerian Sosial yang disalurkan anggota DPR RI, Nurhadi, untuk mencegah konflik sosial di masyarakat, agar masyarakat tetap kompak dan gotong royong dalam keseharian.

”Mungkin pada saat kegiatan Pilkades terjadi gesekan atau perbedaan pilihan sehingga dimungkinkan timbul masalah. Untuk itu, dengan adanya pemberian bantuan ini, masyarakat bisa akur kembali untuk membangun potensi yang ada di desa kita. Bantuan yang kita berikan, berupa sebidang lapangan olahraga yang sifatnya serbaguna dan bisa digunakan masyarakat," ujarnya.

Kadinsos Kabupaten Blitar, H Romelan menambahkan, program keserasian merupakan program dari Kementerian Sosial kepada warga untuk menangani konflik sosial baik dari segi perbedaan pandangan, pikiran, pilihan dan lainya.

”Kebetulan bantuan yang diberikan di Desa Mangunan berupa lapangan olahraga. Ini hasil dan upaya putra daerah Kabupaten Blitar, Bapak Nurhadi, hingga bantuan bisa terealisasi. Harapannya, program- program yang ada di Pusat bisa dimaksimalkan masyarakat di Kabupaten Blitar, khususnya di Desa Mangunan. Mari, kita bersama bergotong royong dan tetap menjaga situasi aman, tertib, agar terhindar dari konflik sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Nurhadi kembali menegaskan, dengan adanya lapangan olahraga bisa dimanfaatkan masyarakat, serta sekaligus titik awal dari beberapa program dari Pusat.

”Akan kita upayakan penyaluran program lain ke depannya. Tujuannya, agar aset desa serta ekonomi masyarakat di Desa Mangunan bisa berkembang seperti halnya pembuatan ikon desa. Oleh karena itu, masyarakat bisa mengajukan proposal sesuai dengan permintaan yang dibutuhkan serta membuat pertanggungjawaban laporan setelah kegiatan terealisasi,” urainya.

Legislator NasDem asal Dapil Jawa Timur VI ini juga mengatakan, bila nanti dalam program keserasian menunjukan angka keberhasilan, maka akan ada bantuan-bantuan lain yang akan diusahakan. 

"Tentu dengan syarat, masyarakat harus kompak dengan membangun kelompok masyarakat dan bukan perorangan. Saya tunggu hingga batas akhir November 2020 agar bisa dicairkan 2021 mendatang,” pesannya.

Terkait Covid 19, Nurhadi mengimbau agar tidak meremehkan keberadaan virus tersebut. Jalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. Bahkan, sebelum adanya pandemi Covid 19, ia berencana membuat kegiatan hiburan masyarakat, berupa pagelaran seni wayang di Desa Mangunan.

”Karena situasi belum memungkinkan, kita tunggu situasi sudah membaik, hingga bisa menggelar kegiatan secara bersama-sama kembali. Tentunya, kami berharap kepada semua masyarakat agar tetap guyub dan desa ini menjadi terkenal atas kreativitas, serta potensi masyarakatnya,” pungkasnya.(way/*)

Add Comment