a

Himbara Diminta Utamakan Kredit UMKM, Super Mikro

Himbara Diminta Utamakan Kredit UMKM, Super Mikro

JAKARTA (17 September): Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi NasDem, Percha Leanpuri, meminta agar dana yang ditempatkan pemerintah di Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) diprioritaskan untuk kredit UMKM dan super mikro. 

Permintaan itu disampaikan Percha Leanpuri dalam rapat dengar pendapat Komisi XI DPR RI dengan direksi bank-bank Himbara, Kamis (17/9). Percha mengikuti rapat tersebut secara virtual. Direksi bank-bank Himbara yang hadir adalah Direksi PT Bank BRI, Direksi PT Bank Mandiri, Direksi PT Bank Tabungan Negara, dan Direksi PT Bank Negara Indonesia.

"Saat ini, UMKM adalah sektor yang paling terdampak dalam masa pandemi ini. Maka dana yang ditempatkan pemerintah di Himbara sebesar Rp30 triliun itu harus difokuskan untuk mendukung para pelaku UMKM tersebut," tegas Percha Leanpuri.

Sebelumnya diketahui bahwa Kementerian Keuangan melakukan penempatan dana pemerintah pada Himbara untuk mendukung jalannya program pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Penempatan dana untuk program PEN itu bersumber dari APBN, dengan tujuan untuk mendukung likuiditas perbankan dan pembiayaan modal kerja UMKM dan koperasi. 

Pemerintah sudah mengucurkan dana Rp30 triliun sebagai dana penempatan pada bank-bank Himbara. 

Menurut Legislator NasDem dapil Sumatera Selatan II itu, penyerapan kredit yang dilakukan bank-bank Himbara di bulan September memberi hasil yang membanggakan, mengingat pemerintah sudah melakukan banyak stimulus untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini.(Ibnul Hayat/*)

Add Comment