a

Pemerintah Harus Lobi Negara yang Tutup Akses bagi WNI

Pemerintah Harus Lobi Negara yang Tutup Akses bagi WNI

JAKARTA (9 September): Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan meminta pemerintah melakukan diplomasi dengan 59 negara yang menutup akses masuk bagi warga negara Indonesia (WNI). Sebab, ada kelompok masyarakat yang memiliki kepentingan dengan negara-negara tersebut.

"Baik kepentingan bisnis, pemerintahan, dan pendidikan," kata Farhan, Rabu (9/9). 

Farhan mengemukakan itu terkait adanya 59 negara yang menutup akses masuk bagi WNI. Salah satunya Malaysia. Keputusan itu diambil karena tingkat penyebaran kasus Covid 19 di Indonesia cukup tinggi. Hingga Selasa (8/9) tercatat 200.035 orang Indonesia terkonfirmasi terpapar Covid 19.

Legislator NasDem tersebut menegaskan upaya diplomasi harus dilakukan dengan baik. Hal itu sebagai bentuk menghormati keputusan negara-negara tersebut.

"Kita harus menghormati keputusan itu sebagai bentuk kedaulatan ke-59 negara tersebut," tegas wakil rakyat dari dapil Jawa Barat I itu.

Farhan meminta pemerintah mengambil hikmah dari penutupan akses tersebut. Apalagi, temuan kasus virus Covid 19 di Indonesia cukup mengkhawatirkan.

"Penanggulangan pandemi Covid-19 di dalam negeri belum menunjukkan penurunan grafik dari kasus positif Covid-19," kata Farhan. 

Dia juga meminta masyarakat mengambil hikmah dari penutupan akses tersebut. Masyarakat diminta meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam menghadapi wabah ini.

"Karena kita sekarang sedang menghadapi masalah pandemi Covid-19 yang jelas akan memengaruhi harkat dan martabat bangsa kita di mata dunia," katanya. (Medcom/*)

Add Comment