a

Fraksi NasDem DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Realisasi Pendapatan Negara

Fraksi NasDem DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Realisasi Pendapatan Negara

JAKARTA (8 September): Fraksi Partai NasDem DPR RI sependapat dengan keputusan Panitia Kerja (Panja) RUU tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2019.

Hal itu disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Charles Meikyansah saat mengikuti rapat internal Banggar DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9).

Walau menyetujui kesimpulan dan Laporan Panja Draft RUU itu, Fraksi Partai NasDem memberikan beberapa catatan sebagai bentuk penegasan sikap dan kewajiban konstitusional, antara lain:

1.Fraksi Partai NasDem DPR RI meminta pemerintah ke depan dapat meningkatkan realisasi pendapatan negara yang pada Tahun Anggaran 2019 berkisar pada 90,6%  dari APBN Tahun Anggaran 2019, walaupun sudah tergolong besar. 

Selain itu, Fraksi Partai NasDem meminta pemerintah ke depan meningkatkan realisasi belanja negara yang pada Tahun Anggaran 2019 berkisar 93,8% dari APBN 2019 sekaligus meningkatkan belanja yang produktif, tepat sasaran, terukur dan berkelanjutan. Belanja pemerintah agar berorientasi pada output, outcome dan result.

2.Fraksi Partai NasDem sepakat dengan keputusan Panja dalam rangka meminta pemerintah untuk meningkatkan peran dan kualitas aparat pengawasan intern pemerintah dalam pengelolaan keuangan negara, mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran.

3.Fraksi Partai NasDem meminta pemerintah agar mendorong dan melakukan pendampingan terhadap kementerian/lembaga yang masih belum mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK antara lain; Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Keamanan Laut (Bakamla).(RO/*)

Add Comment