a

Judas Amir Boyong Penyuluh Pertanian Palopo Belajar Porang di Sidrap

Judas Amir Boyong Penyuluh Pertanian Palopo Belajar Porang di Sidrap

SIDENRENG (29 Agustus): Ketua DPD NasDem Kabupaten Luwu, yang juga Walikota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Judas Amir memboyong penyuluh pertanian Kota Palopo untuk melakukan studi banding ke Kebun Porang Semangat Milenial di Desa Talumae Kecamatan Watangsidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulsel, Sabtu (29/8).

Judas Amir bersama penyuluh pertanian Kota Palopo disambut inisiator budidaya porang Sulsel Syaharuddin Alrif. Kedatangan Judas dan rombongan untuk mempelajari cara membudidayakan porang. 

“Waktu Pak Menteri Pertanian, pak Syahrul Yasin Limpo datang, saya sudah niatkan untuk memboyong penyuluh pertanian Palopo untuk datang belajar di sini. Prospek porang ini ke depan sangat luar biasa. Atas nama pemerintah Kota Palopo juga menyampaikan selamat atas penghargaan yang diterima Syaharuddin Alrif dari Menteri Pertanian sebagai Petani Porang Inspiratif 2020,” jelas Judas Amir. 

Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel adalah penggagas tanaman porang di Sulsel. Syahar, begitu akrab disapa, mengatakan dirinya memulai itu dari lahan tidur yang dikelola dengan baik sehingga seperti sekarang.

“Terima kasih atas kunjungan Pak Walikota Palopo yang sudah ke tiga kalinya datang ke perkebunan porang kami. Semangat pak Walikota untuk ikut menggerakkan pertanian di Kota Palopo sangat luar biasa. Apalagi kedatangan ayahanda kita ditemani para penyuluh pertanian yang menjadi ujung tombak penggerak pertanian khususnya di Kota Palopo” jelas Syahar.  

Saat ini, Syaharuddin Alrif yang juga Sekretaris DPW NasDem Sulsel itu telah memfasilitasi masyarakat Sulsel untuk memulai menanam porang. Menurutnya bertani porang harus memiliki semangat kerja yang total agar hasilnya juga maksimal.

“Setelah kunjungan ini, saya berharap para penyuluh langsung bergerak menyampaikan ini kepada petani kita di Kota Palopo. Semoga bisa memotivasi petani untuk terus lebih giat bekerja. Di perkebunan porang kami juga telah banyak memfasilitasi petani yang ingin bertani porang, mulai dari penyediaan bibit bahkan sampai penjualan hasil porang kami akan fasilitasi. Tentu kerja seperti ini dibutuhkan konsistensi dan semangat kerja agar hasilnya menggembirakan. Jangan malu jadi petani,” tutup Legislator NasDem itu.(RO/*)

Add Comment