a

Penyebaran Covid-19 masih Tinggi, Perlu Strategi Baru

Penyebaran Covid-19 masih Tinggi, Perlu Strategi Baru

JAKARTA (19 Agustus): Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengingatkan pemerintah untuk segera mempersiapkan sejumlah strategi untuk merespon masih tingginya penularan Covid-19 di Indonesia. 

Data worldometer per 18 Agustus 2020, Indonesia masih bertengger di posisi ke sembilan di Asia dengan angka positif Covid-19 sebanyak 141.370 kasus, meninggal 6.207 orang dan sembuh 94.458 orang.

“Saya berharap angka-angka tersebut menjadi kritik atau masukan bagi semua pihak untuk melihat bagaimana kita mengatasi persoalan saat ini. Juga bagaimana kita bisa melewati krisis akibat pandemi dan ancaman resesi ini bersama-sama,“ ujar Rerie, sapaan akrab Lestari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/8).

Bahkan, kata Rerie, Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya pada 14 Agustus 2020 di hadapan anggota MPR, DPR dan DPD RI mengajak seluruh rakyat memanfaatkan momentum krisis akibat pandemi Covid-19 ini menjadi satu momentum untuk bangkit.

Legislator Partai NasDem tersebut menyambut baik ajakan Presiden untuk memanfaatkan momentum pengendalian Covid-19 sekaligus membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, dan menjalankan strategi besar.

"Upaya mereformasi di segala bidang memang diperlukan untuk mewujudkan sebuah lompatan besar guna mengatasi masalah pandemi Covid-19, sekaligus bisa lolos dari krisis ekonomi," ujar Rerie.

Tetapi lebih penting dari itu, jelas wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah II tersebut, saat ini yang paling dibutuhkan pemerintah adalah kepercayaan dari seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama mengatasi masalah yang ada.

Karena itu, menurut Rerie, pemerintah juga harus memberikan bukti kerja dan hasil kerja yang bisa dipahami dan dipercaya oleh masyarakat luas.

Dengan kebersamaan kuat antara masyarakat dan pemerintah, Rerie yakin, sejumlah program dan strategi yang ditawarkan pemerintah dapat mengatasi ancaman penyebaran Covid-19 dan ancaman krisis ekonomi.

"Saya kira pemerintah juga harus benar-benar transparan dan jujur dengan kondisi yang kita hadapi saat ini. Bagaimana kekuatan kita sesungguhnya dalam menghadapi ancaman krisis di sejumlah sektor, sehingga masyarakat bisa memahami," kata anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem tersebut.*

Add Comment