a

Garnita Babel Dorong Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Pekarangan

Garnita Babel Dorong Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Pekarangan

PANGKAL PINANG (9 Agustus): Garnita Malahayati NasDem Bangka Belitung (Babel) ikut menyambut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang melakukan panen raya padi di persawahan Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Babel, Jumat (7/8). 

Selepas melakukan panen raya, malam harinya Mentan Yasin Limpo menyempatkan diri mengikuti acara makan malam bersama dengan fungsionari dan kader NasDem Babel. Hadir di antaranya Abdul Fatah, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Babel yang juga Wakil Gubernur Babel, Ketua DPD NasDem Bangka Tengah, Ibnu Shaleh yang juga Bupati Bangka Tengah serta Ketua DPW Garnita Malahayati NasDem Babel, Sri Kristin Sutanegara didampingi Sekretaris DPW Garnita NasDem Babel, Zurai Suryapara serta Ketua DPD Garnita Malayahati NasDem se Babel. 

Pada kesempatan makan malam tersebut,  Sri Kristin, selain memperkenalkan para Ketua DPD Garnita Malahayati NasDem dari lima kabupaten di Babel, juga memaparkan apa saja yang sudah dan akan digerakkan Garnita NasDem Babel guna kemandirian para perempuan di bidang pertanian.

"Saat menghadapi kesulitan ekonomi dan juga keadaan yang mengharuskan semua berdiam di rumah, kami Garnita NasDem Babel menggerakkan para ibu rumah tangga dengan memberikan edukasi dan cara memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayur dan buah dengan metode hidroponik," kata Sri Kristin.

Awalnya, kata Kristin, hasil tanaman mereka hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, namun akhirnya bisa dijual sehingga menambah pendapatan keluarga. 

"Fakta ini menambah antusiasme warga untuk lebih serius dalam mengembangkan hasil tanam mereka, yang sampai saat ini masih menggunakan perlengkapan seadanya," kata Sri Kristin sambil berharap budidaya hidroponik mereka dapat semakin meningkat di masa pandemi Covid-19. 

Dia juga menjelaskan, Garnita NasDem Babel menyatakan keinginannya untuk bisa memanfaatkan lahan tidur eks timah. Lahan-lahan tersebut dimungkinkan untuk dikelola warga sekitar atau kelompok tani untuk bercocok tanam di lahan tersebut. Untuk itu, tambah Sri Kristin, Garnita NasDem Babel siap menjadi fasilitator pemerintah dengan petani.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi apa yang dilakukan Garnita Babel yang sudah menggerakkan warga, khususnya ibu rumah tangga dalam budidaya sayuran dan buah dengan metode hidroponik. 

"Bukan hanya memberdayakan ibu rumah tangga, tetapi berhasil menjaga kualitas sayuran dan bisa memberi penghasilan tambahan bagi keluarga," ujar Syahrul Limpo.

Acara makan malam bersama diakhiri dengan pemberian cendera mata dari Garnita Malahayati NasDem Babel berupa topi khas Babe "stanjak" yang dipakaikan langsung Sri Kristin Sutanegara yang didamping Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah. (RO/*)

Add Comment