a

Martin Harapkan Lahir Barista Profesional di Toba

Martin Harapkan Lahir Barista Profesional di Toba

BALIGE (5 Agustus): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung membagikan peralatan pengolahan kopi untuk 25 pengusaha muda di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Senin (3/8). Bantuan ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian dan mendukung pariwisata di kawasan Danau Toba.

Saat menyerahkan bantuan tersebut, Martin berpesan agar pengusaha muda di daerah Toba yang bergerak di bidang coffee shop dapat memanfaatkan status Danau Toba, yang ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas. Baru-baru ini Unesco juga menetapkan Danau Toba sebagai global geopark.

“Saya berharap lahirnya barista-barista profesional di Toba, untuk bersinergi dengan sektor pariwisata Danau Toba. Sehingga kita nanti tidak hanya jadi penonton,” ujar anggota DPR RI dari Partai NasDem dapil Sumatera Utara II itu.

Legislator NasDem juga mengatakan akan terus memonitor para pengusaha muda tersebut, dengan menjadikannya sebagai pengusaha binaannya.

“Jika ada program lanjutan, akan menjadi perhatian, untuk lebih ditingkatkan,” tambahnya.

Tidak sampai di situ, anggota DPR RI dari Dapil Sumut II ini juga berpesan kepada para pengusaha muda tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 saat menjalankan usahanya.

“Kita berharap agar wabah ini berakhir, sehingga segala usaha kita bisa berjalan seperti semula bahkan lebih meningkat,” pungkasnya.

Candrow Manurung, Wakil Ketua DPRD Toba yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan terima kasihnya atas kepedulian Martin Manurung. Ia berharap Kabupaten Toba akan terus mendapat perhatian darinya.

“Terima kasih Bapak Martin Manurung. Semoga penerima bantuan ini dapat menjadi penyumbang peningkatan ekonomi di Toba,” pungkasnya.

Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus mengingatkan penerima bantuan untuk memanfaatkan alat tersebut dengan baik.

“Manfaatkan bantuan dari Bapak Martin Manurung ini dengan baik. Agar perhatian yang diberikan Pak Martin kepada kita ini menjadi bermanfaat, sesuai tujuannya membantu,” katanya, disambut tepuk tangan para pengusaha muda.

Bantuan alat terdiri dari mesin roasting kopi, alat pembuat kopi espresso, timbangan elektrik dan perlengkapan lainnya. Sebelumnya Martin Manurung juga telah mengadakan pelatihan barista kepada 25 pengusaha tersebut pada awal Maret 2020.(Darwis/*)

Add Comment