Pemuda Berperan Strategis Sukseskan Pilkada

YOGYAKARTA (29 September): Perhelatan Pilkada di masa pandemi memicu sikap pro dan kontra, meski akhirnya pemerintah tetap menggelar hajatan itu. Perdebatan itu pun menuai reaksi Garda Pemuda NasDem DIY. Dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil), Garda Pemuda NasDem menilai pemuda dapat mengambil jalan tengah untuk menyatukan perbedaan tersebut. 

“Jalan tengah menjadi titik temu untuk menyukseskan Pilkada. Caranya dengan pendekatan kemanusiaan. Kita rangkul seluruh pemangku kepentingan untuk mengutamakan keselamatan masyarakat,” ujar Sobri Emiga Sando, Ketua Garda Pemuda NasDem DIY, di Yogyakarta, Senin (28/9).

Menurut pria yang juga seorang dokter itu, perdebatan berlarut-larut hanya membuang energi bangsa. 

“Aturan (Pilkada) telah diketok. Tak ada guna berdebat hanya untuk berjalan mundur,” tegasnya.

Hal serupa juga disampaikan Wulan Tustiana, Sekretaris Garda Pemuda NasDem DIY. Anggota DPRD Gunungkidul dari Partai NasDem itu mengatakan ada peran strategis yang bisa dilakukan pemuda untuk sukseskan Pilkada. 

“Pemuda dapat diterima di semua kalangan. Pemuda juga dapat menjembatani perbedaan. Kami optimistis peran pemuda dapat menguatkan demokrasi partisipatif, demokrasi yang aman dan berkesinambungan,” kata Legislator NasDem itu.

Rakerwil Garda Pemuda NasDem DIY mengambil tema Konsolidasi Pemenangan Pilkada. Acara yang dihelat Senin (28/9) itu dihadiri segenap pengurus Garda Pemuda, Baret Garda dan Pengurus KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara) Garda Pemuda kabupaten/kota se DIY. 

Melalui forum itu, Ketua Garda Pemuda DIY, Sobri Emiga Sando menekankan komitmen segenap pengurus Garda Pemuda NasDem untuk mengawal Pilkada, utamanya kontestan yang diusung NasDem di Gunungkidul, Bantul dan Sleman.

Menurut Emiga, sapaan akrabnya, sistem otonomi daerah membutuhkan legitimasi masyarakat melalui Pilkada. 

“Yakinkan kepada masyarakat bahwa Pilkada dapat berjalan aman dengan penyesuaian protokol kesehatan. Tidak ada pengerahan massa. Kampanye dapat dikemas dengan adu gagasan di media massa,” pungkas Sobri Emiga Sando.(Nizar/*)

Written by 

Berita Serupa