DPP Garnita NasDem Bagi Benih dan Bibit Tanaman

PADEGLANG (29 Oktober): DPP Garnita Malahayati NasDem membagikan benih tanaman pangan dan sayuran, serta bibit tanaman buah untuk warga dan para petani di Pandeglang, Banten.

“Benih dan bibit ini kami bagikan kepada warga dan masyarakat di Pandeglang, Banten, yang sebagian besar petani dengan luas lahan sekitar 50 hektare,” kata Pelaksana Harian Ketua DPP Garnita Malahayati, Ammy Amalia Fatma Surya, saat membagikan benih dan bibit tanaman buah di Imah Cimanuk, Pandeglang, Banten, Rabu (28/10).

Acara tersebut, jelas Ammy, merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 92  pada 28 Oktober 2020.

Selain Ammy, hadir pada acara tersebut Ketua DPD Partai NasDem Pandeglang sekaligus anggota DPRD Provinsi Banten, H Benny Sudrajat, anggota DPRD Pandeglang, pengurus DPP Garnita Malahayati NasDem, pengurus DPW Garnita Malahayati NasDem Banten, pengurus DPD Garnita Malahayati NasDem Pandeglang, para petani dan warga di sekitar lokasi acara.

Menurut Ammy, benih yang dibagikan antara lain bayam, cabai, jagung dan padi. Sedangkan untuk tanaman buah antara lain bibit jambu kristal, jambu air, rambutan dan durian sebanyak 500 bibit.

Ammy menegaskan pembagian benih dan bibit langsung kepada masyarakat diharapkan mampu mendorong warga, khususnya ibu rumah tangga, agar dapat memulai untuk berwirausaha.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Umum Garnita Malahayati NasDem, Thita Syahrul berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh daerah Indonesia. 

“Selama pandemi Covid-19 ini, kita tahu bahwa sektor pertanian adalah salah satu sektor yang masih memiliki pertumbuhan positif dibandingkan sektor lain. Sektor pertanian kebetulan juga melibatkan warga secara langsung. Karena itu kami tergerak untuk memberikan bantuan benih dan bibit langsung kepada warga, khususnya petani,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, inisiator kegiatan yang dilaksanakan DPP Garnita Malahayati NasDem melalui Kementerian Pertanian itu, menyampaikan bahwa kegiatan yang melibatkan partisipasi warga itu juga dapat memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Ketahanan pangan selama pandemi harus diwujudkan bersama oleh pemerintah dan warga dalam bentuk kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Lestari, konsep saling bekerja sama atau gotong royong dengan melibatkan semua elemen masyarakat harus terus dijaga sebagai sebuah nilai luhur kebangsaan. (*)

Written by 

Berita Serupa