a

Satori Dorong Percepatan Hibah Tanah ke Kemenag

Satori Dorong Percepatan Hibah Tanah ke Kemenag

JAKARTA (19 Juli): Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar), diminta mempercepat penyerahan hibah tanah kepada Kementerian Agama untuk pembangunan Kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang rencananya dibangun di Desa Cikawung /Cikamurang, Kecamatan Terisi, Indramayu. 

"Karena nilainya sangat besar bisa mencapai triliunan, maka status keberadaan tanahnya harus jelas. Karena dapat menjadi masalah di kemudian hari kalau statusnya tidak jelas dalam pembangunan kampus," ujar anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem Satori saat menghadiri 'Persiapan Penyerahan Hibah Tanah dari Pemerintah Kabupaten Indramayu Kepada Kemenag RI untuk Pembangunan Kampus II IAIN Syekh Nurjati Cirebon' di Aula Kemenag RI, Jakarta, Jumat (17/7).

Satori juga menyampaikan bahwa dia sebagai anggota DPR RI di Komisi VIII akan meningkatkan dan memfasilitasi kepentingan masyarakat khususnya di dapilnya.

“Saya hadir di sini untuk memfasilitasi pertemuan antara Pemda Indramayu dan Kemenag RI. Sudah menjadi tugas  tanggung jawab saya untuk mengutamakan kepentingan umat di Dapil," ucapnya.

Anggota DPR dari NasDem dapil Jawa Barat VIII itu juga menyinggung tentang alih fungsi IAIN menjadi UIN yang perlu dipikirkan lebih panjang lagi. 

“IAIN harus segera berbenah diri. Saya sudah beberapa kali mencoba untuk memfasilitasi pengembangan pendidikan di Jabar dengan hibah dari Pemerintah Pusat, Kemenag dan pemerintah kabupaten. Nantinya, IAIN dapat sama-sama menganggarkan untuk pembangunan," katanya. 

Menurut Legislator NasDem itu, Pemda menyediakan tanah di daerah yang sudah ditentukan. Kalau bisa, Pemda juga menyediakan APBD untuk infrastrukturnya.

Dalam acara ini dihadiri Plt Sekjen Kemenag RI dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Nizar, Plt Bupati Indramayu, Asda, Kepala Bappeda Indramayu, Wawang Irawan, Kepala Kemenag Kabupaten Indramayu, Sofandi, dan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta Hasyim.(Dev/HH/*)

Add Comment