a

Ketersediaan Pangan Terkendali Hingga Februari 2021

Ketersediaan Pangan Terkendali Hingga Februari 2021

JAKARTA (10 Juli): Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengidentifikasi 11 komoditas pangan pokok krusial dalam upaya menjaga ketersediaan dan kebutuhan pangan pokok nasional di tengah pandemi Covid-19.

Dia mengemukakan itu saat Konferensi Digital Bilateral yang digelar DPP Partai NasDem Bidang Hubungan Internasional dengan Partai Buruh Selandia Baru melalui aplikasi Zoom, Jumat (10/7).

"Komoditas pangan pokok tersebut, yaitu beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai, cabai kecil, daging sapi, daging ayam, telur, gula, dan minyak goreng. Kita hanya memerlukan impor tiga komoditas (bawang putih, daging dan gula) sehingga ketersediaan pangan sudah cukup dan terkendali hingga Februari 2021," ujar Syahrul. 

Menurut Syahrul, menjamin kebutuhan pangan bagi 260 juta masyarakat Indonesia yang tersebar di ribuan pulau dan wilayah yang teramat luas, merupakan tantangan terbesar yang harus dihadapi saat pandemi Covid-19.

"Kementerian Pertanian dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini lebih fokus pada bidang ketahanan pangan," katanya. 

Kementerian Pertanian, kata elite Partai NasDem tersebut, tengah menyiapkan agenda jangka menengah untuk mempercepat pembangunan pertanian.(HH/*)

Add Comment