a

NasDem Ingatkan Mentan Soal Penyerapan Anggaran

NasDem Ingatkan Mentan Soal Penyerapan Anggaran

JAKARTA (7 Juli): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, Haji Charles Meikyansah mendukung program Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tahun 2021 mulai dari menjaga ketahanan pangan hingga mewujudkan birokrasi dan tata kelola yang berorientasi pada layanan prima. 

Haji Charles menyampaikan itu saat mengikuti  Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7).

Charles menyebutkan, hingga 3 Juli 2020, penyerapan anggaran Kementerian Pertanian masih 44% sehingga harus segera dilakukan langkah-langkah percepatan agar tidak ada anggaran yang tidak terpakai. 

"Bagaimana langkah Kementan dalam mempercepat penyerapan anggaran ini? Apalagi dalam kondisi Covid-19 ini. Kami ingin kinerja dalam jajaran bapak dipacu. Sebelum tahun 2021 kami berharap ada progres yang baik," kata anggota DPR dari NasDem dapil Jawa Timur IV itu. 

Legislator NasDem tersebut juga menyinggung terkait riset yang dilakukan Kementan mengenai kalung Eucalyptus. 

"Saya mengapresiasinya sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan inovasi yang dilakukan Litbang Kementan khususnya dalam penanganan Covid-19 yaitu kalung ini terlepas dari pro dan kontra di publik," tegasnya. 

Namun Legislator NasDem itu berharap, temuan kalung Eucalyptus dari Litbang Kementan ini ke depannya agar bisa dikolaborasikan dengan lembaga riset lainnya seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Kesehatan, dan universitas yang ada di Indonesia.

"Saya berharap kalung ini menjadi produk yang tidak hanya diakui Litbang Kementan tetapi juga oleh semua masyarakat," tukas anggota Badan Anggaran DPR RI itu. 

Charles juga mengingatkan, ada catatan yang tidak kalah penting dan perlu, yaitu menteri jangan terlalu memfokuskan tenaga dalam penelitian tersebut sehingga bisa melupakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai menteri.(HH/*)

Add Comment