Saan Salurkan 10 Traktor Tangan untuk Poktan di Karawang

KARAWANG (9 Oktober): Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Saan Mustopa menyalurkan sepuluh traktor tangan untuk 10 kelompok tani (Poktan) di Karawang, Jawa Barat. Pembagian traktor itu merupakan program Kementerian Pertanian.

“Bantuan ini memang rutin kita berikan setiap tahunnya. Memang tidak banyak, minimal ini bentuk kepedulian dari Kementerian Pertanian yang saya fasilitasi,” ungkap Saan Mustopa, Jumat (9/10).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengatakan berkomitmen membantu petani, terutama alat mesin pertanian (Alsintan) yang selama ini dilakukan para petani dengan cara swakelola.  Ditambahkan, selain membantu petani, traktor itu juga untuk mengurangi beban petani agar tidak menyewa traktor, tapi bisa digilir untuk kelompok tani.

“Ini sebagai upaya peningkatan hasil pangan di Karawang sebagai lumbung padi. Jadi bantuan teknologi pertanian memang sangat diperlukan untuk memudahkan petani,” kata Legislator NasDem dari dapil Jawa Barat VII meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu.

Saan yang juga Ketua DPW NasDem Jawa Barat itu mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kita bisa bertahan dibanding negara lain karena sektor pertanian bisa diandalkan di situasi seperti ini.

Saan tidak hanya memberikan bantuan handtractor, tapi juga sebanyak 15 titik perbaikan saluran irigasi pertanian. Saan juga melakukan 400 titik perbaikan rumah tidak layak huni dan pembagian 1.000 Kartu Indonesi Pintar (KIP) untuk siswa SD hingga SMA.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sritani Bangkit Cilamaya, H Endi, berterimakasih dengan bantuan alat traktor bagi kelompok taninya. Bantuan itu akan digunakan untuk meningkatkan pertanian. Saat ini, kata Endi, produksi padi di areal yang ditanganinya menghasilkan 5-6 ton per 7.000 meter persegi sawah.

“Terakhir kali menerima bantuan itu sekitar lima tahun lalu. Alat ini sangat bermanfaat untuk kami di kelompok tani,” ujarnya. (*)

Written by 

Berita Serupa