Pariwisata Toraja Utara Diharapkan Segera Pulih

RANTEPAO (20 September): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem, Eva Stevany Rataba berharap pariwisata Toraja bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

Eva menyampaikan hal itu dalam kegiatan gerakan bersih, indah, sehat dan aman (BISA) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dipusatkan di objek wisata Ke’te Kesu, Kelurahan Pantanakan Lolo, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (19/9).

“Besar harapan kami sekiranya pariwisata di Toraja Utara menjadi terdepan dan bisa bersaing dengan pariwisata dari daerah lain di Indonesia. Karena itu, melalui program gerakan BISA yang saya perjuangkan ini dapat menjadi awal program dalam mempromosikan setiap objek wisata di Toraja,” ujar Legislator NasDem itu.

Terlepas dari itu, kebersihan lingkungan objek wisata menjadi prioritas untuk menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke setiap objek wisata yang ada di Toraja Utara.

“Ke depannya wisata di Toraja Utara bisa menjadi tujuan yang sangat diminati wisatawan. Sehingga pariwisata di Toraja Utara dapat membantu meningkatkan serta memajukan wisata di Indonesia  dan khususnya di Tana Toraja,” ucap wakil rakyat dari Dapil Sulsel III itu.

Eva juga mengatakan di masa pandemi saat ini pariwisata di Indonesia mengalami keterpurukan. Bukan hanya di Toraja tetapi di seluruh penjuru Indonesia.

“Sehingga pariwisata kita melalui program gerakan BISA ini diharapkan dapat pulih dan bangkit menunjukan taringnya,” katanya.

Perwakilan Kementerian Pariwisata Regional II, Agus Suprihastono mengatakan, Kemenparekraf akan mengupayakan fasilitas kebersihan di objek wisata dan menyiapkan banyak kegiatan yang mengarah ke kegiatan promosi wisata.

Ia juga menambahkan, daya tarik wisata tidak dilihat hanya dari keindahan dan kebersihannya, tetapi perlu diperhatikan juga kondisi keamanan dan kesehatannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, Kadis Pariwisata Provinsi Sulsel, Kadis Pariwisata Toraja Utara, dan para peserta kegiatan program gerakan BISA.(HH/*)

Written by 

Berita Serupa