Subardi Tinjau Pembangunan Balai Dusun di Gunungkidul

WONOSARI (21 Oktober): Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi, meninjau lokasi pembangunan Balai Dusun Padukuhan Karangtengah I, Kelurahan Karangtengah, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, DIY, Rabu (21/10). Pembangunan ini merupakan program aspirasi Legislator NasDem dari dapil DIY tersebut.

Sebelumnya pada tanggal 30 Agustus 2020, Mbah Bardi, sapaan akrabnya, datang menemui warga sekaligus menyerahkan uang tunai senilai  Rp150 juta. Bantuan itu hasil kerja sama dengan Kementerian BUMN (PT PLN) sebagai mitra kerjanya di Komisi VI DPR. 

Legislator NasDem itu bersyukur, hanya selang dua bulan pembangunan balai dusun segera rampung. Bangunan berukuran 12 x 12 meter tampak megah dengan deretan tiang pancang yang kokoh. Pembangunan itu melibatkan seluruh elemen masyarakat secara gotong royong.

“Sejak awal masyarakat ingin terlibat membangun bersama-sama. Ini kan bagus untuk saling memberdayakan dan saling support,” ujarnya.

Subardi yang juga Ketua DPW NasDem DIY itu yakin, balai dusun itu dapat menunjang program-program pemberdayaan masyarakat. 

“Balai Dusun sebagai infrastuktur dusun sangat penting untuk menunjang program-program pemberdayaan masyarakat. Misalnya, pelatihan UKM, penyuluhan kesehatan, pagelaran seni budaya, hingga rapat-rapat warga. Tujuannya untuk mendongkrak ekonomi lokal,” paparnya.

Kedatangan Subardi itu dalam rangka reses anggota DPR RI. Dia ditemani anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul dari Fraksi NasDem, Rian Eko Wibowo dan Suharno. 

Menurut Rian, sejak lama masyarakat ingin memiliki balai dusun. Lahan pembangunannya telah dibeli secara swadaya. Legislator muda NasDem itu pun tergerak untuk membantu pembangunan fisik melalui program aspirasi.

“Aspirasi masyarakat, saya teruskan kepada Mbah Bardi sebagai anggota DPR RI dan Ketua DPW NasDem DIY. Dengan memanfaatkan akses dan garis struktural di NasDem, program ini dapat berjalan lancar,” jelasnya.

Kini, balai dusun ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020. Masyarakat antusias memanfaatkan balai dusun sebagai wadah sosial untuk memajukan wilayah Karang Tengah I.(Nizar/*)

Written by 

Berita Serupa