a

Masyarakat Diyakini Mampu Lestarikan Kekayaan Hutan

Masyarakat Diyakini Mampu Lestarikan Kekayaan Hutan

JAKARTA (13 Juni): Wakil Ketua DPR RI Fraksi NasDem, Rachmad Gobel optimistis kemandirian masyarakat akan terbangun dalam mengelola potensi sumber daya alam di sekitar kawasan hutan konservasi tanpa mengganggu serta merusak ekosistem hutannya.

Menurut Rachmad Gobel, masyarakat bisa bersahabat dengan alam dan menjadikan hutan sebagai aset ekonomi yang harus dirawat dan dilestarikan.

"Saya berdiskusi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, ibu Siti Nurbaya mengenai bagaimana agar hutan konservasi bisa memberdayakan desa-desa yang menjadi penyanggahnya. Memastikan keberlangsungan hidup masyarakat yang sudah sejak lama menggantungkan hidup mereka pada keberadaan sumber daya hutan di dalam dan sekitar kawasan hutan," ujarnya di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/6).

Legislator NasDem itu juga menyampaikan, di daerah pemilihannya, Gorontalo, terdapat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang memiliki  keanekaragaman hayati. Masyarakat yang tinggal di desa-desa penyangga hutan konservasi di sekitar kawasan hutan tersebut haruslah ikut berperan aktif dalam melindungi, melestarikan dan memanfaatkan kekayaan hutan.

"Sebagai contoh, masyarakat bisa menyadap pohon aren untuk diolah menjadi gula aren, melakukan wisata edukasi penangkaran Burung Maleo sebagai satwa endemik di Sulawesi yang hampir punah  serta wisata susur hutan, dimana budaya dan cara hidup masyarakat yang masih tradisional itu bisa menjadi pilihan menarik wisatawan lokal dan mancanegara," pungkasnya.(MI/*)

Add Comment