Rico Sia Apresiasi PT Antam Kelola Blok Wabu

JAKARTA (25 September): Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi NasDem, Rico Sia, menyambut gembira rencana PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang akan mengelola bekas tambang emas di Papua, yaitu Blok Wabu.

Legislator NasDem asal Dapil Papua Barat itu mengapresiasi dan memberi semangat kepada Menteri BUMN, Erick Thohir yang menugaskan PT Antam untuk mengelola Blok Wabu di Provinsi Papua. Bahkan, Erick telah mengirim surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif terkait hal tersebut.

Menurut Rico Sia di Jakarta, Kamis (24/9), untuk membuat Indonesia menjadi maju menuju keemasan dibutuhkan langkah-langkah radikal antara lain tekad dan keberanian seperti yang dilakukan Erick Thohir. Memang dibutuhkan investasi awal yang besar namun setelah berproduksi dan penjualannya dilakukan dari Indonesia, maka akan terjadi pemulihan ekonomi bahkan bisa menutupi utang negara.

“Apalagi dalam perhitungan bisnis, pengelolaan tambang emas tersebut terhitung ekonomis,” kata Rico.

Meski beratnya medan serta belum adanya infrastruktur terbangun di wilayah tersebut, Rico pun sangat optimistis secara teknis dan finansial PT Antam mampu untuk mengelola potensi emas di Blok Wabu.

Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) wakil rakyat Papua Barat itu yakin, tenaga ahli yang ada di Indonesia akan diberdayakan karena cukup mampu untuk menjalankan penambangan, pengolahan, dan pemurnian.

“Saya yakin, SDM kita sangat mampu bekerja di bidang penambangan. Selain itu,  kita juga harus berdayakan putra putri Papua dalam pengelolaan tambang ini agar bisa meminimalisir kesenjangan di sana,” tegas Rico yang yakin Indonesia mampu mengelola tambang emas di Papua itu.(Sonia/*)

Written by 

Berita Serupa