a

Cerita Warga Lebak Dapat Bansos NasDem

Cerita Warga Lebak Dapat Bansos NasDem

LEBAK (10 Juni): Asnawi ,70, tak kuasa membendung air mata ketika menerima bantuan paket sembako berupa selimut, baju dan alat-alat masak dari DPD NasDem Kabupaten Lebak, Banten. Asnawi bermukim di belakang Perumahan Ranau, Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.  

Asnawi sempat mengalami kelaparan dan viral di media sosial karena dua hari tidak makan lantaran kesulitan membeli kebutuhan pokok. Dia tidak menyangka, di tengah kondisi ekonomi serba morat-marit masih ada yang memikirkan nasibnya. Asnawi tinggal seorang diri karena istrinya sudah lama meninggal.

“Kadang dapat bantuan dari tetangga. Kemarin dapat bantuan dari Kejaksaan Negeri Lebak. Sebelum muncul berita di media, belum pernah dapat bantuan dari pemerintah. Kalau didata mah sering," kata Asnawi, Senin (8/6). 

Asnawi bercerita, di usia senja ini kondisi dia sudah sakit-sakitan. Kadang kala, dia berpikir pergi berobat, namum terkendala tidak punya ongkos. Oleh sebab itu, Asnawi memilih berdiam diri di rumah. Sorot matanya menerawang ke pohon-pohon pepaya di hadapan rumahnya.

Dengan nada berkaca-kaca, Asnawi kebingungan untuk mencurahkan isi hatinya. Kata dia, semenjak datangnya virus corona di Kabupaten Lebak, ia tak tahu ke mana harus menggantungkan nasibnya.

“Senang bercampur lega karena telah banyak yang membantu. Tentu bantuan ini sangat bermanfaat untuk saya selama satu bulan ke depan," tutur Asnawi di kediamannya.

Samsiah, 48, salah satu tetangga Asnawi membenarkan kondisi tetangganya tersebut yang hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan dermawan. Kata Samsiah, selama menetap di Bojongleles, Asnawi belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Kasihan. Memang benar dia kerap sakit-sakitan. Mungkin karena sudah memasuki usia senja dan kondisinya tidak bekerja. Alhamdulilah sudah banyak yang membantu karena sempat viral di media sosial. Bantuan yang diberikan tentu sangat bermanfaat bagi Pak Asnawi," kata Samsiah.

Pengurus DPD NasDem Kabupaten Lebak, Medi Juanda mengaku prihatin melihat keadaan Asnawi. Medi mengatakan tak kuasa melihat warga yang kelaparan sehingga berinisiatif memberikan bantuan kepada Asnawi.

“Begitu dapat informasi foto-foto Pak Asnawi dari grup WhatsApp, kami dari DPD NasDem Lebak langsung melakukan koordinasi dengan pengurus lain untuk mendatangi lokasi. NasDem akan terus komit mengawal agar masyarakat Lebak tidak kelaparan seperti yang dialami Pak Asnawi. Kita murni dari hati untuk kemanusiaan," kata Medi.

Berdasarkan hasil pantauan ke lokasi, kata Medi, masih banyak warga yang memang kondisinya sangat memprihatinkan. Menurut Medi saat pademi Covid-19 seperti ini rakyat membutuhkan bantuan bukan saling menyalahkan. Sangat disayangkan sikap perangkat Desa Bojongleles yang lamban merespons terkait warga kelaparan di wilayahnya.

“Ya itu risiko menjadi pemimpin. Seharusnya perangkat desa lebih sigap dan cepat tanggap. Kita juga sudah melihat kondisi warganya ke lapangan yang kurus dan memang terbukti belum mendapatkan bantuan," tegas Medi. (Jumri/*)

Add Comment