a

Pemerintah Harus Siapkan Matang Tatanan Normal Baru

Pemerintah Harus Siapkan Matang Tatanan Normal Baru

JAKARTA (4 Juni): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi NasDem, Martin Manurung mengatakan pemerintah harus mempersiapkan secara matang penerapan new normal atau tatanan normal baru di tengah wabah Covid-19.

Hal itu dia sampaikan dalam live instagram (ig) yang diadakan Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andriano di akun ig pribadi miliknya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu menyebutkan, krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 tidak bisa hanya didiamkan, namun harus ada langkah-langkah yang diambil agar ekonomi di Indonesia tetap berjalan. 

"Kita tidak mungkin berdiam diri di rumah, karena aktivitas ekonomi harus terus berlangsung. Pada sektor perdagangan pemerintah seharusnya mempersiapkan pasar-pasar rakyat sebagai pemulihan ekonomi pada masa new normal ini," ujar Legislator NasDem itu, Rabu (3/6).

Namun, lanjut Legislator NasDem dari dapil Sumatera Utara (Sumut) II itu, pentingnya protokol kesehatan di tempat keramaian seperti di pasar rakyat juga harus ditegaskan penerapannya dan dilakukan sosialisasi yang masif. 

"Tidak mudah mengubah kebiasan masyarakat, khususnya dalam penerapan new normal ini. Orang-orang yang sudah berdiam diri di rumah kemudian dibukanya tempat-tempat keramaian seperti mall, pasar, dan lainnya, bukan tidak mungkin akan terjadi kepadatan di satu titik yang tidak bisa terkontrol," jelasnya. 

Martin berharap, dalam penerapannya perlu ada pasar-pasar yang dipersiapkan sesuai dengan protokol sebagai contoh untuk diberlakukan di pasar lainnya. 

"Ini juga yang harus dilakukan pemerintah pusat, agar memiliki standar yang sama lalu dikoordinasikan dengan pemerintah daerah," tegasnya. 

Selain itu, Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem itu mengatakan, pemerintah pusat dan daerah harus duduk bersama agar sosialisasi yang dilakukan bisa sejalan, tidak membuat rakyat khawatir dan bingung.(HH/*)

Add Comment