a

Kampung Tangguh Semeru Bisa Jadi Model Percontohan

Kampung Tangguh Semeru Bisa Jadi Model Percontohan

PONOROGO (3 Juni):  Anggota DPR RI dari Partai NasDem, Sri Wahyuni mengapresiasi peluncuran Kampung Tangguh Semeru yang digagas Polda Jawa Timur yang dinilai berperan penting dalam menekan laju pandemi Covid-19.

“Ini program Polda Jatim. Program ini bagus untuk membantu masyarakat, desa dan pemerintah karena Kampung Tangguh Semeru dirancang untuk mempersiapkan masyarakat di lingkungan desa atau kelurahan yang selama ini sudah siaga dalam menghadapi wabah Covid-19 menuju New Normal,” kata Sri Wahyuni saat menghadiri launching Kampung Tangguh Semeru di Balai Kelurahan Tonatan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (3/6).

Legislator NasDem yang masuk Senayan dari Dapil Jawa Timur VII itu mengemukakan, keberadaan Kampung Tangguh Semeru itu juga mampu menguatkan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam hal ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Konsep Kampung Tangguh Semeru mencakup segala aspek ketahanan yakni, membuat masyarakat tangguh kesehatan, tangguh lumbung pangan dan tangguh gotong royong. Bahkan, wakil rakyat dari Jatim VII itu, menyebutkan Kampung Tangguh Semeru penting sebagai persiapan menuju new normal.

“Kampung Tangguh Semeru ini menjadi penting sebagai persiapan menuju ke new normal. Kelurahan atau desa benar-benar mempersiapkan masyarakat dalam menuju tatanan kehidupan baru,” tegasnya.

Dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini Sri Wahyuni berharap dapat menjadi ‘role model’ atau contoh bagi wilayah lain. Apalagi, selama ini masyarakat kadang masih bingung apa yang harus dilakukan pada saat situasi pandemi.

“Dengan kesiapan masyarakat di suatu kampung dalam menghadapi Covid-19 maka benar-benar bisa menekan penyebarannya,” pungkasnya.

Kampung Tangguh Semeru diluncurkan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni  Ipong Muchlissoni bersama Direktur Pam Obyek Vital Asep Teddy di Kelurahan Tonatan. Peluncurannya ditandai dengan tabuh kentongan dan dilanjutkan dengan penyerahan sembako serta pengguntingan pita di Balai Kelurahan Tonatan. Selain Kelurahan Tonatan, akan diluncurkan juga di Desa Semanding Kecamatan Kauman, Ponorogo, Jawa Timur. (NasDem Ponorogo/*)

Add Comment