a

Pemimpin Harus Jadi Pelopor New Normal

Pemimpin Harus Jadi Pelopor New Normal

JAKARTA (2 Juni): Situasi sulit akibat pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir. Selama menghadapi musibah ini, anggota DPR RI Fraksi NasDem, Martin Manurung mengingatkan setiap pemimpin di negara ini harus jadi pelopor kenormalan baru atau new normal.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga mengatakan, para pemimpin dari tingkat tertinggi hingga terendah, harus memberikan contoh bagi masyarakat. Menurutnya, masyarakat membutuhkan keteladanan dan cenderung akan meniru para pemimpin.

“Para pemimpin harus memberikan kepeloporan dan keteladanan dalam menghadapi situasi sulit saat ini,” ujar Martin kepada partainasdem.id, Selasa (2/6).

Keteladanan pemimpin, lanjut Legislator NasDem itu, dapat ditunjukkan dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan pola hidup sehat yang harus dijalani, sesuai protokol kesehatan saat ini. Seperti menggunakan masker dan menghindari pertemuan atau pengumpulan banyak orang.

“Budaya masyarakat kita yang kental dengan patron-client membutuhkan keteladanan itu, karena masyarakat cenderung akan meniru apa yang dilakukan para pemimpinnya. Termasuk soal tata perilaku baru (new normal). Harus dimulai dari para pemimpin,” kata Ketua DPP Partai NasDem tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memprediksi situasi sulit akan terjadi hingga tahun depan dan meminta masyarakat terus optimistis. Situasi sulit disebut bisa lebih panjang bila vaksin Covid-19 belum ditemukan.(*)

Add Comment