Hasan Aminuddin Salurkan Bibit Jagung untuk Poktan Toroyan

PROBOLINGGO (19 Oktober): Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Hasan Aminuddin menyalurkan bantuan bibit jagung kepada kelompok tani (Poktan), di Masjid Bin Aminuddin, Pondok Pesantren Hati di Dusun Toroyan, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (18/10).

Sebelumnya, ia menyalurkan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) kepada beberapa poktan di Kabupaten Probolinggo. 

Bantuan bibit jagung tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian dengan memanfaatkan hamparan kawasan hutan milik Perhutani. 

Dalam kesempatan yang sama, ditandatangani kesepakatan antara Perhutani dan beberapa pihak yakni, poktan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Gerakan Pemuda Ansor.

Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan Hasan Aminuddin dalam masa reses ke dapilnya Jawa Timur II (Kabupaten dan Kota Probolinggo dan Pasuruan).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Administratur Perhutani Probolinggo, Untung Saptono Hadi dan Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan, Taufiq.

Hasan Aminuddin mengemukakan, seluruh rangkaian kegiatan dalam masa resesnya kali ini merupakan langkah strategi pemulihan masyarakat dan reformasi sosial. Harapannya seluruh upaya itu akan berdampak pada tahun 2021 mendatang.

“Jadi prosesnya harus dilakuan saat ini dan salah satunya adalah melalui gerakan perubahan pola tanam masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Yakni dengan membuka kesempatan dan peluang baru bagi masyarakat pemangku kepentingan hutan untuk menanam komoditas jagung di lahan negara,” ujar Hasan Aminuddin.

Legislator NasDem itu menjelaskan bahwa di Kabupaten Probolinggo terdapat kawasan hutan yang begitu luas dan hanya mengandalkan Perhutani untuk mengelolanya. 

Sementara lahan negara itu sangat memungkinkan jika dikelola secara tumpang sari oleh masyarakat terutama warga desa pemangku hutan.

“Perhutani menanam tanaman keras dengan masa panen yang relatif panjang seperti pohon jati dan mahoni. Sedangkan di bawahnya masyarakat masih bisa memanfaatkan lahan itu untuk menanam tanaman pangan selain padi, tanpa merusak tanaman keras milik Perhutani,” katanya.

Ketua DPW NasDem DKI Jakarta itu juga menyebutkan, komoditas jagung adalah pilihan yang paling tepat dan memungkinkan untuk ditanam oleh kelompok tani pada 100 hektar lahan Perhutani yang telah disepakati bersama pengelolaannya oleh Perhutani, LMDH dan Pemuda Ansor. 

Dalam kesempatan yang sama, diserahkan juga secara simbolis bantuan bibit jagung dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin kepada perwakilan kelompok tani dari masing-masing kecamatan sebagai starter awal bagi para petani milenial.

Ketua PC GP Ansor Kota Kraksaan, Taufiq merasa bersyukur atas kesempatan dan amanah tersebut.

“Program kerja sama itu senada dengan cita-citanya untuk mengembalikan spirit generasi milenial agar tidak hanya tertarik kepada hal-hal kekinian, tetapi harus bisa memajukan budaya dan semangat para pendahulu dalam dunia pertanian,” urai Taufik.(HH/*)

Written by 

Berita Serupa