RI Perjuangkan Akses Vaksin untuk Seluruh Negara

JAKARTA (22 Oktober): Politik luar negeri pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) terkait pengadaan vaksin tidak hanya mementingkan kebutuhan domestik. Indonesia dinilai turut memperjuangkan akses vaksin bagi seluruh negara terdampak Covid-19.

“Kita tidak hanya tengah menyiapkan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri, namun turut berperan dalam penyediaan vaksin bagi dunia,” kata anggota Komisi I DPR RI, Willy Aditya, Rabu, (21/10).

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu menilai perjuangan Indonesia menjamin akses vaksin untuk seluruh negara sesuai amanat konstitusi Indonesia yakni harus turut serta menjaga ketertiban dunia. 

“Jika semuanya lancar, ini akan menjadi prestasi tersendiri bagi pemerintahan saat ini,” kata wakil rakyat dari dapil Jawa Timur XI (Sampang, Bangkalan, Sumenep, Pamekasan) itu.

Legislator muda NasDem ini mengapresiasi kebijakan politik luar negeri pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang dikomando Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sehingga kerja memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri sekaligus upaya membuka akses vaksin secara merata ke seluruh dunia dapat terjadi.

“Kesigapan dan kelincahan begitu terlihat dari skema diplomasi yang mereka (Kemenlu) lakukan,” ujar dia.

Menlu Retno Marsudi menekankan pentingnya akses setara dan berkeadilan atas vaksin. Hal ini disampaikan dalam Pertemuan Kebijakan Luar Negeri dan Kesehatan Global (FPGH) yang dipimpin Indonesia selama setahun ini.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya mengamankan pasokan vaksin untuk dalam negeri. Hingga Oktober 2020, Indonesia mendapat komitmen akses vaksin hingga 328 juta dari target 340 juta dosis.(medcom/*)

Written by 

Berita Serupa