Peningkatan Ekonomi Harus Bareng Pencegahan Covid 19

JAKARTA (3 November): Penegasan pemerintah agar masyarakat tetap berhati-hati dalam menjalankan kegiatan ekonomi, harus diikuti dengan langkah nyata upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

“Kondisi ekonomi nasional saat ini memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi agar kita bisa lepas dari jeratan resesi. Konsekuensi dari kebijakan itu adalah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pun harus ditingkatkan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/11).

Menurut Lestari, hal terpenting dalam peningkatan kegiatan ekonomi di masa pandemi adalah terlebih dulu meningkatkan upaya pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat. 

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, penerapan protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak harus masuk dalam rangkaian kegiatan ekonomi yang akan diakselerasi.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi NasDem itu mengatakan, pemerintah telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 akan minus sekitar 3%, setelah pada kuartal II juga minus 5,32%.

Kondisi ekonomi tersebut, menurut Legislator Partai NasDem itu, memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi yang signifikan.

Di sisi lain, jelas Legislator NasDem itu, tren penularan dan kesembuhan pasien Covid-19 saat ini menunjukkan perkembangan positif dalam sebulan terakhir. Bila pekan lalu tingkat kesembuhannya 80,51%,  pekan ini tercatat 82,84%.

Namun, tegas wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu, yang terpenting adalah upaya penanggulangan Covid-19 saat ini jangan terlena dan jangan sampai kendor.

Semua pihak, jelas Rerie, harus disadarkan bahwa ancaman virus korona belum berakhir. Bahkan, ada kemungkinan bakal muncul gelombang kedua seperti yang terjadi di beberapa negara Eropa.[*]

Written by 

Berita Serupa