Nurhadi Gagas Kampung Siaga Bencana di Tulungagung

TULUNGAGUNG (22 September): Sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menangani bencana, anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem, Nurhadi, berkolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos), mengukuhkan Kampung Siaga Bencana, Desa Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Pengukuhan Kampung Siaga Bencana tersebut, selain Nurhadi dihadiri juga Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Syafii Nasution, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, M Anas, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, Suyanto. Hadir pula masyarakat dan sejumlah kader NasDem. Acara berlangsung di Balai Desa Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung, Jatim, Sabtu (19/9).

Nurhadi menjelaskan, melalui program Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial Korban Bencana Alam, Kemensos memfasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana atau KSB di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

”Tujuannya sebagai upaya penanggulangan risiko bencana jika terjadi di Desa Kalibatur yang secara tata letak dimungkinkan daerah rawan bencana, seperti tsunami, tanah longsor. Tapi, kita tidak mengharapkan itu terjadi. Namun untuk kewaspadaan sewaktu-waktu terjadinya bencana, kita selenggarakan pelatihan selama tiga hari mulai 19 sampai 21 September, melalui Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung,” kata Nurhadi, Senin (21/9).

Legislator NasDem asal Dapil Jawa Timur VI itu berharap agar melalui program Kemensos yang merupakan usulan darinya sebagai anggota DPR RI itu, masyarakat lebih bisa waspada dan memahami manajemen risiko bencana serta apa yang harus dilakukan.

”Selain itu, juga adanya sinkronisasi program pemerintah dengan masyarakat. Dalam hal ini, Kementerian Sosial dengan kementerian atau lembaga terkait. Tentu, saya berharap Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung tetap aman dan terhindar dari bahaya serta selalu dalam lindungan Allah SWT,” pungkasnya.(*)

Written by 

Berita Serupa