a

Wacana Pemotongan UKT PTKIN Terus Bergulir

Wacana Pemotongan UKT PTKIN Terus Bergulir

KEDIRI (11 Mei): Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi NasDem, Nurhadi menghadiri diskusi virtual yang diadakan Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Malang pada Jumat (8/5). Diskusi ini, membahas terkait batalnya rencana pemotongan uang kuliah tunggal (UKT) semester ganjil 2020/2021, bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Mahasiswa yang menghadiri diskusi virtual tersebut, menyayangkan pembatalan rencana pemotongan UKT semester ganjil 2020/2021. Mereka berharap ada solusi lain agar meringankan beban orang tua mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami, Komisi VIII DPR RI akan mengagendakan untuk membahas lebih dengan Kemenag, tentang langkah lanjut yang bisa dilakukan, perihal rencana pemotongan UKT,” kata Nurhadi.

Menurut Legislator NasDem tersebut, Kementerian Agama sebenarnya sudah menyiapkan skema untuk menutupi kekurangan pemasukan PTKIN, jika UKT dipotong dengan menyisihkan anggaran bidang pendidikan.

”Di sisi lain, kami juga akan meminta Kemenag mencari jalan alternatif yang bisa dilakukan bersama. Dapat ditimbang lagi dana yang bisa disisihkan untuk menutupi masalah pemotongan Rp2,6 triliun di Kemenag itu,” imbuh anggota DPR RI Fraksi NasDem itu.

Pemerintah saat ini membutuhkan dana besar untuk mengatasi Covid-19, sehingga dilakukan efisiensi anggaran Kementerian Agama hingga Rp2,6 triliun.

”Ada keputusan Kemenkeu bahwa dana Kemenag akan dipotong untuk mengatasi Covid-19 sebesar Rp2,6 triliun” pungkasnya. []

Add Comment