a

Peran Relawan di Tengah Pandemi Diapresiasi

Peran Relawan di Tengah Pandemi Diapresiasi

BANDUNG (10 Mei): Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Rian Firmansyah mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat gotong royong di tengah pandemi Covid-19, karena modal sosial terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia adalah gotong royong.

“Saya mengajak kita semua untuk terus bahu-membahu membantu mereka yang lemah dengan apapun yang kita miliki di tengah situasi pandemi yang tidak menentu ini,” Kata Rian Firmansyah saat membagikan ratusan sembako untuk warga Kampung Gomlok Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (9/5).

Menurut Legislator NasDem itu, musibah virus corona ini menjadi ujian semua pemerintahan di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Pemerintah sudah menjalankan tugasnya secara maksimal, dengan melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Tentu saja jika kita hanya mengandalkan peran dan anggaran pemerintah pusat maupun daerah, tidak akan cukup untuk mengatasi cobaan ini. Butuh peran masyarakat sipil dan alhamdulillah kita sudah terlatih melewati beragam ujian, baik itu ujian alam maupun nonalam. Semua itu tidak lepas dari peran masyarakat sipil dan semangat gotong royong yang kita miliki sebagai rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Rian mengapresiasi banyaknya relawan sipil yang tergerak untuk menyantuni mereka yang terdampak.

“Mereka terwakili dalam individu maupun kelompok warga dalam organisasi mulai dari tingkat RT/RW hingga lingkup yang lebih luas," ungkap Rian.

Ditambahkan, tidak terkecuali peranan Garda Pemuda (GP) NasDem Jabar yang terus menerus mengulurkan tangannya kepada masyarakat terdampak.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem ini juga menambahkan, masyarakat sudah terbiasa memberi dan berbagi sembako, dana, waktu dan tenaga untuk orang atau kelompok warga yang kesulitan dan membutuhkan bantuan. Momentum ini perlu terus ditingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Sekum GP NasDem Jabar, Tedi Irawan menyatakan pihaknya bersama sejumlah relawan telah melakukan serangkaian aksi sosial selama masa pandemi Covid-19, mulai gerakan edukasi pemakaian masker, penyemprotan disinfektan hingga pembagian sembako. 

“Ini semua semata-mata wujud pengabdian kami kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Aksi sosial ini akan terus berlangsung," katanya.(RO/*)

Add Comment