a

Hasan Aminuddin Bantu 1.000 Paket Hasil Bumi

Hasan Aminuddin Bantu 1.000 Paket Hasil Bumi

PROBOLINGGO (3 Mei): Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Hasan Aminuddin memberikan bantuan 1.000 paket hasil bumi kepada masyarakat di tengah wabah Covid-19.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada 20 penerima seusai Salat Jumat di Masjid bin Aminuddin, Pondok Pesantren HATI, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (1/5).

Acara penyerahan bantuan tersebut memperhatikan protokol Covid 19 dengan menerapkan physical distancing. Selain memakai masker, puluhan penerima yang berkumpul di sisi selatan masjid juga menerapkan jaga jarak. Sebelumnya, mereka juga mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuh dengan thermogun.

"Ada sebanyak 1.000 paket sedekah bumi yang saya serahkan kepada tetangga desa. Mulai petani, nelayan, tokoh masyarakat, guru, hingga paramedis saya beri. Penyerahan secara simbolis kepada 20 orang. Sisanya, diantar oleh tim ke rumah penerima,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu. 

Menurut Legislator NasDem tersebut, sesuai komisinya di DPR RI, bentuk sedekah bumi itu diwujudkan dalam lima macam hasil bumi. Yakni, beras, bawang merah, kentang, kubis, dan hasil laut berupa ikan tongkol.

“Karena hari ini bumi sedang diuji oleh Allah SWT, isi dari sedekah ini juga berupa hasil bumi,” imbuhnya.

Hasan Aminuddin mengatakan, hasil bumi itu dibeli dari petani dan nelayan di Kabupaten Probolinggo. Hal itu dilakukan untuk membantu perekonomian para petani dan nelayan, akibat adanya wabah Covid-19.

“Termasuk keranjangnya, saya pesan dari perajin bambu di Tiris. Karena pesanan banyak, akhirnya melibatkan perajin dari beberapa desa,” jelasnya.

Menurut Hasan, sedekah akan terus dilakukan selama Ramadan. Tujuannya, agar dampak pandemi Covid-19 tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat, terutama untuk kebutuhan makan. 

“Saatnya bersedekah untuk orang-orang yang berhak menerimannya. Terutama tetangga dan saudara-saudara kita,” tuturnya.

Menghadapi pandemi Covid-19, Hasan mengimbau masyarakat untuk selalu berikhtiar. Di antaranya, diam di rumah, menjaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, hingga memakai masker saat terpaksa harus keluar rumah.

“Memakai masker ini bagian dari ikhtiar agar tidak tertular atau menularkan. Artinya, dengan masker kita menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Memakai masker ini juga bagian dari sedekah,” pungkasnya.(HH/*)

Add Comment