a

Lisda Ajak Masyarakat Budi Daya Ikan

Lisda Ajak Masyarakat Budi Daya Ikan

PESISIR SELATAN (2 Mei): Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Lisda Hendrajoni, mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan tempat budi daya ikan.

Menurut Lisda, hal itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan pangan di tengah situasi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19.

"Kita harus mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini. Kami dari TIP-PKK Pesisir Selatan dan Dinas Perikanan punya program budidaya ikan untuk masyarakat menggunakan kolam dari bahan plastik atau terpal," ujar Lisda yang juga anggota Komisi VIII DPR RI itu. 

Legislator NasDem ini mengatakan, bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi melalui TP-PKK kecamatan untuk bantuan bibit dan tersedia nanti untuk 10.000 kepala keluarga. 

"Nanti tim dari TP-PKK akan melakukan peninjauan lokasi budidaya ikan di rumah-rumah tersebut. Kita akan bantu bibit ikannya yang berasal dari Dinas Perikanan," katanya.

Lisda mengatakan, untuk pembuatan kolam, tidak harus berukuran besar, namun setidaknya dapat menampung bibit sekitar 200-300 bibit ikan yang nantinya dapat dikonsumsi, setelah dapat dipanen.

"Bisa juga dilakukan berkelompok, dua atau tiga keluarga. Nanti setelah tiga atau empat bulan bisa dipanen, hasilnya dapat dikonsumsi bersama oleh masyarakat," jelasnya.

Anggota DPR dari Fraksi NasDem itu berharap, dengan adanya bantuan tersebut menjadi salah satu upaya dalam menjalankan 10 program pokok PKK di masing-masing kecamatan. 

"Ini salah satu wujud peran aktif PKK di kecamatan, untuk mermbantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19," pungkasnya.(HH/*)

Add Comment