RRI Perlu Ambil Peran Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

YOGYAKARTA (29 Oktober): Radio berperan penting dalam sosialisasi tahapan Pilkada Serentak 2020 dan protokol kesehatan pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Bahkan para kandidat peserta Pilkada Serentak dan KPU agar bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) untuk melakukan kampanye secara virtual. 

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi NasDem, Willy Aditya di sela-sela mengikuti kunjungan kerja reses Komisi I DPR RI ke RRI DIY di Yogyakarta, Senin (26/10).

“Kami (Komisi I DPR RI) sudah melakukan diskusi dan dialog dengan RRI, tentunya ini harus ada kerja sama dengan jaringan demokrasi, misalnya Fisipol UGM, KPU dan Bawaslu yang mana untuk mendevelop sebuah format (sosialisasi Pilkada) yang lebih up to date,” ungkap Willy.

Legislator muda NasDem itu mengungkapkan, RRI diharapkan dapat memberikan informasi untuk menambah wawasan dan edukasi kepada masyarakat yang dapat menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air melalui iklan layanan masyarakat. 

“Kita dengar ada iklan layanan masyarakat. Lebih baik itu berisi apa yang telah RRI lakukan, kemudian menyosialisasikan siapa kandidat (Pilkada) per wilayah, dan seperti apa proses pemberitaannya,” jelasnya. 

Anggota Fraksi NasDem DPR RI dapil Jawa Timur XI (Sumenep, Sampang, Pamekasan, Bangkalan) itu menambahkan, dengan kehadiran iklan layanan masyarakat tersebut hak konstitusi warga negara tidak hilang, sehingga proses demokrasi bisa terjamin. 

“Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan RRI dan iklan layanan masyarakat ini patut dicontoh daerah-daerah lain. Kami harap RRI tetap independen, netral dan berpihak kepada publik,” tutupnya. (dpr.go.id/*)

Written by 

Berita Serupa