a

NasDem Minta Pemerintah Beli Ikan Tangkapan Nelayan

NasDem Minta Pemerintah Beli Ikan Tangkapan Nelayan

JAKARTA (28 April): DPP Partai NasDem Bidang Maritim dan Pertanian pada Selasa (28/4) mengadakan rapat virtual terkait dampak Covid-19 terhadap nelayan dan wisata bahari.

Ketua Bidang Maritim dan Pertanian DPP Partai NasDem, Emmy Hafild mengatakan, dampak pandemi Covid-19 sangat terasa di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya oleh para nelayan. 

"Permasalahan yang dirasakan nelayan seperti sulitnya melaut karena kebijakan stay at home, hasil tangkapan tidak laku terjual  karena menurunnya jumlah pembeli," ujarnya. 

Emmy menyebutkan, daya beli pangan yang menurun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nelayan kehilangan pendapatannya. 

"Dari hasil rapat ini dapat diambil beberapa solusi dari kawan-kawan NasDem di tiap daerah, akan kami pertimbangkan untuk ke depannya," ucapnya. 

Dia menyebutkan, solusi yang diterima seperti pemerintah membeli hasil tangkapan nelayan kemudian diolah dan dijual kembali ke masyarakat dengan harga yang lebih murah.

"Mengganti isi paket sembako seperti mie instan dengan ikan tangkapan nelayan dalam bentuk sarden kalengan," tambahnya. 

Emmy juga menyebutkan, bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah untuk meringankan beban juga menjadi pertimbangan hingga pembuatan agar nelayan bisa menjual hasil tangkapannya secara daring.(HH/*)

Add Comment