a

Komisi IV DPR Minta Kembalikan Fungsi Kementan

Komisi IV DPR Minta Kembalikan Fungsi Kementan

JAKARTA (27 April): Komisi IV DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekjen dan Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) terkait refocusing dan realokasi anggaran/tindak lanjut rapat kerja (raker) pada 16 April Lalu, via aplikasi Zoom, Senin (27/4).

Dalam rapat tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem, Hasan Aminuddin menjelaskan sejak awal ia telah melontarkan perlunya melakukan sinkronisasi antarkementerian guna membantu masyarakat melawan pandemi  corona. 

Hasan mengatakan, Kementan terkait  melakukan perencanaan dengan proporsional dan rasional serta sesuaikan dengan tupoksinya, yaitu kembalikan kepada kewenangan memproduksi. 

"Hari ini, sesuai ajakan teman-teman dari Komisi IV DPR RI yang saya sepakati, fungsi yang relevan dari Kemenpan bukan menaburkan hasil produksi, melainkan bakti sosial (baksos) yang dilakukan Kementrian Pertanian dapat mendorong orang untuk berproduksi," tuturnya. 

Selanjutnya, legislator NasDem ini menyebutkan, belum ada yang mampu menjawab kapan wabah ini akan berakhir. Jika disandingkan dengan prediksi Pak Joko Widodo wabah ini akan berakhir hingga bulan Desember. 

"Jika ini berlangsung hingga Desember,  saya khawatir rakyat akan marah karena melihat pelayanan kita hari ini," sambungnya. 

Hasan mengajak agar Kementan meneruskan kegiatan sembako dengan mengajak masyarakat atau mahasiswa yang tidak pulang kampung untuk melamar di lahan milik pemerintah. 

"Untuk tanamannya tentunya tanaman yang bisa langsung tiap bulan bisa dipanen," imbuhnya. 

Selain itu, Hasan menuturkan, banyak rakyat yang mulai panen namun harganya yang dikhawatirkan para petani tidak seperti yang mereka inginkan namun harga para tengkulak.(HH/*)

Add Comment