a

Dedikasikan APBD 2020 untuk Covid 19

Dedikasikan APBD 2020 untuk Covid 19

GORONTALO (26 April): Seluruh anggota Fraksi NasDem DPRD tingkat provinsi, kabupaten/kota se Gorontalo diinstruksikan untuk mendorong APBD 2020 di daerah masing-masing agar didedikasikan secara total untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

“Saya instruksikan kepada seluruh anggota Fraksi NasDem DPRD di Gorontalo tetap fokus mendorong APBD 2020 pada tiga hal yang telah menjadi fokus pemerintah pusat yakni, pencegahan dan penanggulangan Covid-19, Jaminan Pengaman Sosial (JPS), dan Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM),” ujar Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel, Minggu (26/4). Instruksi yang sama juga diberikan Ketua DPW NasDem Gorontalo, Hamim Pou.

Selain itu, Legislator NasDem itu menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi NasDem DPRD di Gorontalo mengecek stok pangan.

“Kita harus mengedepankan keselamatan masyarakat. Kita harus siapkan social safetynetnya, atau stok pangan untuk bantuan sosialnya tolong disiapkan, sehingga kesiapan kita dalam stok pangan betul-betul ada,” terangnya.

Hamim Pou menyebutkan, banyak kegiatan yang bisa ditunda pelaksanaannya pada APBD 2020 di tengah pandemi Covid-19. Seperti, pembangunan kantor, jalan, event-event pariwisata, pengadaan tanah, kegiatan rapat-rapat, semua dapat dipangkas, termasuk juga mengurangi secara signifikan perjalanan dinas.

“Belanja kegiatan yang tidak mendesak dan tidak berkaitan dengan pencegahan serta penanggulangan Covid-19 bisa ditunda demi menyelamatkan rakyat Gorontalo dari pandemi virus Corona,” jelasnya. 

Hamim menambahkan, dalam upaya penanggulangan Covid-19, tentu membutuhkan kesiapan dan ketegasan pemerintah dari pusat maupun daerah. Pemerintah harus bertanggung jawab terhadap keselamatan, pelayanan kesehatan masyarakat, dokter dan para medis, serta masyarakat secara umum.

"APBD provinsi dan kabupaten/kota 2020 harus diprioritaskan untuk pencegahan hingga penanggulangan dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 pada ekonomi masyarakat Gorontalo," imbuhnya.

Hamim Pou mengatakan, hal itu dapat menciptakan kepercayaan dari masyarakat bahwa pemerintah hadir dan menjaga kepentingan mareka sebagai rakyat Gorontalo. Kepercayaan rakyat kepada pemerintah dapat meningkatkan solidaritas di antara mereka yang dapat bermanfaat dalam mewujudkan kerja sama atau kolaborasi sehingga penanggulangan Covid-19 akan lebih mudah, terarah dan terukur penanggulangannya.(HH/*)

Add Comment