a

Pesantren Berperan Antisipasi Wabah Covid 19

Pesantren Berperan Antisipasi Wabah Covid 19

KULONPROGRO (24 April): Anggota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Subardi menyerahkan bantuan dana dan bahan pokok untuk pesantren Raudlatul Jannah di Bendungan-Kulonprogo, DIY. Bantuan diserahkan dalam rangka pemenuhan sembako di tengah masa pandemi Corona.

Mbah Bardi, sapaan akrab Subardi meyakini peran pesantren sangat efektif mendidik masyarakat agar patuh menjalani protokol kesehatan. 

“Jangan lupakan pesantren sebagai basis pendidikan moral. Perannya dapat menyukseskan program kemasyarakatan, utamanya dalam mengantisipasi wabah Corona," ujarnya baru-baru ini.

Pengasuh pesantren tersebut, KH Abu Haliman mengatakan apresiasinya atas bantuan dan perhatian dari Subardi. Ia mengatakan bantuan tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan sosial-keagamaan, terutama di bulan Ramadan.

Terkait masa pandemi Covid 19, pesantren yang tidak memungut biaya pendidikan kepada santrinya itu, tetap menjalankan rutinitas keagamaan meski frekuensinya berkurang. Tentu dengan protokol kesehatan, seperti menjaga kebersihan dan membatasi aktivitas di luar ruangan. 

“Kami patuh atas protokol kesehatan karena anjurannya sesuai dengan esensi beragama, yakni membawa kebaikan untuk sesama.”

Lebih lanjut menurut Subardi, peran pesantren yang khas dengan kesederhanaan mampu melahirkan generasi berakhlak mulia. 

“Inilah pentingnya memahami peran pesantren. Setiap gerak pesantren orientasinya untuk kemaslahatan. Maka seorang legislator yang kewajibannya berkhidmat untuk masyarakat, perlu bergerak bersama pesantren,” pungkasnya.(*)

Add Comment