Charles Apresiasi Kinerja Kementan

JAKARTA (6 Oktober): Anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional yang tengah mengalami perlambatan akibat pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi pertumbuhan positif sektor pertanian sebesar 16,24 persen di kuartal II ini,” ujar Charles di Jakarta, Selasa (6/10).

Menurut Legislator NasDem dari dapil Jawa Timur IV itu, momentum pertumbuhan positif sektor pertanian di kuartal kedua ini perlu dijaga.

“Momentum ini perlu kita jaga untuk meningkatkan kesejahteraan petani maupun nelayan,” harap anggota DPR RI Fraksi NasDem tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar kesejahteraan petani maupun nelayan dapat ditingkatkan melalui pembentukan korporasi bagi petani dan juga nelayan.

Melalui korporasi itu, petani dan nelayan diharapkan memiliki akses yang lebih mudah ke pembiayaan, informasi, maupun teknologi, serta dapat meningkatkan efisiensi dan memperkuat pemasaran.

Jokowi juga menegaskan bahwa pola pikir perlu berubah, tidak semata-mata fokus pada on farm tapi bergerak pada out farm sisi pasca panen, sisi bisnisnya, yaitu dengan membangun proses bisnis dari produksi sampai pasca panen.

Menanggapi hal tersebut, Charles menekankan perlunya diperkuat sektor ekosistem bisnis. Karena menurut Charles, dengan ekosistem bisnis yang sehat terpadu maka kesejahteraan petani dan nelayan tidak perlu menunggu lama lagi.(HH/*)

Written by 

Berita Serupa