a

Rachmad Gobel Temui Dirut BRI Cari Solusi Lindungi UMKM

Rachmad Gobel Temui Dirut BRI Cari Solusi Lindungi UMKM

JAKARTA (20 April): Pandemi virus Corona menurunkan pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), pertumbuhan ekonomi bisa turun menjadi yang terburuk sejak tahun 2009.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai NasDem,Rachmad Gobel mencoba mencari solusi dalam melindungi para pelaku UMKM di Indonesia, termasuk pelaku UMKM di Gorontalo.

Dalam pertemuan dengan Dirut Bank BRI, Sunarso, Jumat (17/4), Rachmad Gobel menyampaikan  beberapa hal terkait pembiayaan koperasi bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saya meminta kepada Dirut Bank BRI agar dapat melakukan langkah-langkah strategis untuk memetakan sektor-sektor ekonomi pusat dan daerah yang terdampak dari penyebaran Covid-19, terutama UMKM,” ungkap Rachmad di Jakarta.

Bersamaan dengan merebaknya virus Corona, pemerintah mengimbau agar masyarakat melakukan physical distancing, mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain dan kontak tatap muka langsung, serta menghindari tempat keramaian.

Imbauan itu sangat berdampak langsung bagi pelaku UMKM yang mayoritas masih menggunakan pola jual beli tatap muka. Jika UMKM kesulitan membayar biaya-biaya yang ada, seperti gaji dan honor pekerja, ini akan berdampak buruk untuk para pekerja yang nantinya akan terjadi PHK di mana-mana. Secara otomatis angka pengangguran di Indonesia akan meningkat.

“Kita tidak bisa membiarkan para pelaku UMKM berjalan sendiri di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah dan BUMN harus ada di lini terdepan membantu para pelaku UMKM,” kata Legislator  NasDem dari daerah pemilihan Gorontalo itu.(*)

Add Comment