a

Rapid Test Badan Rescue NasDem di Pulau Kelapa Hari Kedua

Rapid Test Badan Rescue NasDem di Pulau Kelapa Hari Kedua

KEPULAUAN SERIBU (19 April): Di hari kedua, Badan Rescue NasDem bersama DPP Partai NasDem melakukan rapid test Covid-19 secara gratis kepada sekitar 2.000 warga yang berada di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Pulau Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Badan Rescue NasDem, Hariady Anwar mengatakan, melalui gerakan NasDem Peduli yang diinisiasi Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh sebagai gerakan kepedulian atas warga terdampak Covid-19.

"Alhamdulilah pelaksanaan rapid test hari kedua ini berjalan lancar," ujar pria yang akrab disapa Ade Anwar ini, Sabtu (18/4).

Ade menyebutkan, dari kunjungan ke 426 rumah warga, rapid test dilakukan kepada 578 orang. Satu di antaranya ditemukan memiliki gejala demam, namun hasil rapid test negatif. 

"Hasil rapid test ini semuannya negatif dan telah dikoordinasikan ke puskesmas terkait untuk pemantauan lebih lanjut," tuturnya.

Selain itu, Ade menyebutkan, target pemeriksaan rapid test per rumah yaitu suami dan istri. Ternyata, masih banyak ditemukan kepala keluarga yang tidak berada di rumah karena sedang bekerja di luar Pulau Kelapa.

"Kami mengusulkan ketika seluruh rumah telah dikunjungi dalam empat hari kegiatan, maka sisa alat rapid test kami serahkan ke puskesmas terkait," imbuhnya.

Anggota DPRD Provinsi Jakarta ini juga mengatakan, puskesmas yang akan melakukan test bila kepala keluarga tersebut kembali ke pulau. Dengan demikian maka Pulau Kelapa akan terjaga dari potensi penyebaran Covid-19 akibat ‘lalu lintas’ warga.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan mengikuti kebijakan PSBB, yaitu alat pelindung diri (APD) lengkap untuk tim medik. Sedangkan tim pengukur suhu tubuh dan pendamping menggunakan masker. 

"Kami menjaga penerapan social distancing dengan cara pemeriksaan dilakukan per rumah. Untuk memastikan bahwa setiap rumah terperiksa, maka kegiatan dilaksanakan per RW dan per RT. Semuanya terkoordinasi dengan ketua RT dan RW," tukasnya.(HH/*)

Add Comment