a

Fraksi NasDem DPRD Sumut Apresiasi Kesiapan RS USU

Fraksi NasDem DPRD Sumut Apresiasi Kesiapan RS USU

MEDAN (15 April): Fraksi NasDem DPRD Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Runtung Sitepu di rumah dinas rektor, di Medan, Sumut. Hadir dalam Pertemuan tersebut para direksi Rumah Sakit USU. 

Dalam pertemuan itu Fraksi NasDem DPRD Sumut diwakili Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, Ketua Fraksi Tuahman F Purba, Ketua Komisi E Dimas Tri Adji dan Bendahara Fraksi Rony Reynaldo Situmorang.

"Tujuan kami berinisiatif mengunjungi Pak Rektor ingin mendapatkan informasi jelas tentang progres dan peran serta USU dan rumah sakit dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sumut," kata Tuahman Purba dalam rilis yang dikirimkan ke partainasdem.id, Rabu (15/4).

Runtung Sitepu menjelaskan, secara umum USU siap baik dari segi tenaga medis maupun alat pemeriksaan PCR. Bahkan, USU berinisiatif menganggarkan mandiri penyediaan alat pemeriksaan Covid-19 sehingga tidak perlu menunggu dari Pemerintah Pusat. 

"Rumah Sakit USU sedang membangun ruang isolasi untuk perawatan pasien Covid-19 dengan fasilitas pendingin ruangan yang menggunakan Hepa Filter, ruangan bertekanan negatif dan instalasi limbah terpisah," jelas Runtung.

Namun, kata Runtung, RS USU mengalami kendala mendapatkan zat kimia Reagensia yang sangat membantu dalam mempercepat hasil pemeriksaan PCR.

Menanggapi penjelasan Rektor USU tersebut, Fraksi NasDem DPRD Sumut mengapresasi kesiapan dan peran USU dalam penanganan Covid-19 di Sumut.

Menurut Tuahman, Fraksi Partai NasDem Sumut akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong penambahan alat PCR dari BPTKL untuk Rumah Sakit USU sehingga membantu percepatan melawan virus Covid-19. 

Tuahman menambahkan jika terjadi perlambatan hasil diagnosa akan menyebabkan kendala pada tahapan penanganan selanjutnya.

"Diharapkan juga agar sosialiasi masif ke masyarakat sehingga mendapat informasi pelayanan penanganan Covid-19 secara lengkap", kata Dirut RS USU dokter Warli.

Pihak Rumah Sakit USU berterima kasih atas perhatian Fraksi NasDem DPRD Sumut. Diharapkan apa yang ingin dikerjakan RS USU bisa direalisasi secepatnya. 

"Kita sangat siap baik dari segi sumber daya dan infrastruktur untuk menangani pandemi Covid-19", kata Warli. (Anderson/*)

Add Comment