a

Komitmen Hidup Sehat Panti Asuhan Izinmo Papua

Komitmen Hidup Sehat Panti Asuhan Izinmo Papua

WAMENA (14 April): Persuasi hidup sehat dan jaga jarak dalam kehidupan sosial (social distancing) terus digelorakan di Tanah Papua.  Hal ini memiliki urgensi berkenaan dengan meningkatnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah pegunungan Papua.

 Tercatat, hingga 13 April lalu, jumlah kasus positif Covid-19 di provinsi Papua bertambah sebanyak 6 kasus baru, menjadi total 67 kasus.

Upaya persuasi yang kini gencar dilakukan anggota DPR RI dari Partai NasDem, Ina Elizabeth Kobak menyasar ke berbagai kalangan masyarakat yang menjadi pusat-pusat kegiatan sosial.

Kali ini, ia mendatangi Panti Asuhan Izinmo yang dihuni oleh 100 anak. Dalam kunjungan tersebut, keadiran Ina disambut dan diterima oleh Diana Lengka yang merupakan istri dari pendiri panti asuhan Izinmo. 

Dalam kunjungan tersebut, Ina menjelaskan bahwa terbatasnya fasilitas kesehatan yang ada di Tanah Papua jangan sampai menjadi faktor yang membuat penyebaran Covid-19 tidak tertangani dengan baik.

Oleh karena itu, Ina mengajak masyarakat untuk mengedepankan aspek pencegahan yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sama-sama memantau, hingga saat ini penyebaran di Papua terus mengalami kenaikan. Kita harus mulai sadar bahwa pencegahan itu dimulai dari diri kita. Jangan sampai penyebaran terus berlanjut,” ungkap Ina di Wameda, Selasa (14/4).

Di hadapan anak-anak panti, Ina menyampaikan bahwa upaya yang dapat dilakukan dari diri sendiri adalah menerapkan pola hidup bersih. Selain itu, penting dalam situasi pandemi ini menjaga jarak aman satu sama lain, karena virus ditularkan melalui udara dari napas dan sentuhan badan.

“Bermain, kotor-kotoran itu bukan masalah. Hanya, setelah beraktivitas harus cuci tangan, cuci muka, dan selama beraktivitas saat ini jangan saling bersentuhan. Bahkan diusahakan tidak boleh berdekatan, minimal satu meter,” terang Ina yang disambut anggukan anak-anak panti.

Dalam kunjungannya tersebut, Ina juga berinisiatif memberikan sejumlah perlengkapan bahan makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan panti hingga satu bulan ke depan. Upaya ini juga menjadi bagian dalam membantu menurunnya ekonomi masyarakat, akibat adanya pembatasan aktivitas ekonomi.

Panti Asuhan Izinmo yang berada di bawah Yayasan Huseloma, selama ini dikenal sebagai panti yang memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjaga dan membesarkan kehidupan putra-putri Papua. 

Dalam kesempatan tersebut, Diana menyampaikan bahwa saat ini ada sekitar 30 anak yang telah masuk dan menikmati pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Sementara itu, anak-anak yang masih dibina di dalam panti asuhan berjumlah 70 orang, terdiri dari balita, anak-anak usia SD, SMP maupun SMA.

Dia juga menyampaikan, bahwa pihak yayasan saat ini menghadapi beberapa kendala serius dalam membesarkan anak-anaknya. Terutama, untuk melanjutkan sekolah sangat tergantung pada uluran tangan dari donatur.

“Kami sangat berterima kasih kepada putri Papua yang kini telah menjadi wakil kami di DPR RI, masih memperhatikan kami. Bukan hanya materi, tetapi juga kesadaran hidup sehat yang sangat penting menjadi bagian kehidupan saat ini menghadapi masa pandemi,” ungkap Diana.

Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran Ina Kobak sangat berarti bagi anak-anak panti, bahwa putra-putri Papua memiliki figur generasi muda sebagai penentu kebijakan di tingkat nasional.

“Saya juga melihat anak-anak kami begitu bergembira dengan kehadiran Kaka Ina Kobak. Karena, bagi mereka Ina Kobak menjadi figur akan seperti apa Papua di masa mendatang,” tuturnya.

Keterbatasan yang dihadapi Panti Asuhan Izinmo juga terletak pada kualitas bangunan yang kini kurang memadai. Diana menyampaikan bahwa pihaknya memiliki sumberdaya terbatas untuk merawat bangunan, bahkan keterbatasan sumberdaya itu sangat terlihat dari anak-anak panti yang hanya bergantung pada uluran bantuan mama-mama di sekitar panti, dan dari  hasil kebun seadanya.

Di akhir diskusi bersama seluruh elemen Panti Asuhan Izinmo, wakil rakyat dari Partai NasDem tersebut berjanji akan terus mengembangkan potensi yang ada di  Izinmo. []

Add Comment