a

Tetangga Positif Covid-19, Warga Tutup Akses ke Tretes

Tetangga Positif Covid-19, Warga Tutup Akses ke Tretes

PASURUAN (13 April): Sebanyak 10 warga terpapar Covid-19, satu di antaranya tinggal Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Warga mengambil keputusan secara bulat, menutup area dari warga luar daerah dan memulangkan warga pendatang.

Ketua DPD NasDem Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono kepada partainasdem.id, Minggu (12/4) menjelaskan, wilayah yang terpapar tersebut langsung didisinfektankan setiap tiga hari sekali yang dimotori generasi muda setempat.

"Warga lingkungan Tretes langsung merespons temuan kasus Covid-19 di wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Warga sepakat menutup akses ke Tretes untuk orang luar. Semua wilayah Kelurahan Prigen, khususnya Tretes ditutup,” tegas Joko yang juga anggota DPRD Pasuruan ini.

Lebih jauh Joko mengungkapkan, keputusan tersebut menindaklanjuti status Kecamatan Prigen yang telah masuk zona merah menyusul ditemukannya pasien positif Covid-19 di sana.

“Penutupan ini keputusan musyawarah mufakat ketua RT 01 sampai dengan RT 10 di Balai RW yang dihadiri Kepala Kelurahan Prigen,” terang Joko yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan.

Joko mengungkapkan, dengan statusnya sebagai daerah wisata, Tretes cukup potensial menjadi wilayah transmisi. Karena itu, demi mencegah hal itu terjadi, keputusan untuk mencegah orang luar masuk menjadi pilihan.

“Kami belum tahu sampai kapan. Yang pasti akan disesuaikan dengan perkembangan situasi,” pungkasnya.(*)

Add Comment