a

Anggaran Corona Rp405 Triliun Jangan Bertele-tele

Anggaran Corona Rp405 Triliun Jangan Bertele-tele

JAKARTA (9 April):  Tim pengawas bentukan DPR RI untuk penanganan bencana mengadakan rapat membahas penanganan virus Corona (Covid 19).

Rapat pada Kamis (9/4) itu dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar dan berlangsung secara virtual.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi NasDem, Nurhadi dalam rapat tersebut menyampaikan tiga usulan. Pertama, soal anggaran bencana sebesar Rp405 triliun. Nurhadi berharap pemerintah segera merealisasikan anggaran tersebut tanpa bertele-tele dan birokratis. Karena, saat ini dalam kondisi yang tidak normal, butuh penanganan yang cepat.

Kedua, kata Legislator NasDem itu, apabila bantuan sudah diinformasikan telah dikirim ke tempat penanggulangan bencana, DPR bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah, gubernur, bupati atau walikota secara virtual untuk mengecek kebenaran apakah memang sudah terkirim atau belum bantuan tersebut ke titik terkait.

Ketiga, DPR membentuk call center atau aplikasi pengaduan. Tujuannya agar tempat penanggulangan atau daerah bencana Covid 19 yang membutuhkan bantuan atau kekurangan perlengkapan medis bisa segera ditindaklanjuti tim pengawas.

Ketika membuka rapat, Muhaimin mengatakan ada 3 (tiga) bentuk pengawasan yang dilakukan oleh tim pengawas DPR RI untuk penanganan bencana Covid 19. Yakni pengawasan  terhadap regulasi, kelembagaan, dan mitigasi bencana.*

Add Comment