a

DPRD Pasuruan Bentuk Pansus Covid 19

DPRD Pasuruan Bentuk Pansus Covid 19

PASURUAN (8 April): DPRD Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, membentuk Pansus Penanganan Covid-19 untuk mengawasi sekaligus mengevaluasi kinerja Bupati Kabupaten Pasuruan dalam menangani wabah Covid -19. Hal ini menyangkut perencanaan, penganggaran dan pelaksanaannya.

Pembentukan Pansus Covid 19 itu, kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan dari Fraksi NasDem,  Joko Cahyono karena DPRD gemas melihat lambannya Pemkab Pasuruan menyikapi wabah virus Corona yang terus merenggut nyawa. 

Menurut Joko Cahyono, pansus itu penting diwujudkan sebagai bentuk keseriusan DPRD dalam upaya menyelamatkan masyarakat dari ancaman Covid-19. Sekaligus bagian dari fungsi kontrol untuk menyikapi kinerja Pemerintah Daerah dalam menangani wabah Covid 19 yang terbilang amburadul.

"Apa yang kami lakukan dengan menyemprotkan disinfektan di banyak tempat dimaksudkan memberi teguran buat Pemkab agar segera mau mengoptimalkan peran dalam perencanaan, pencegahan, penanggulangan, hingga recovery mereka yang terpapar Covid 19," tegas Joko Cahyono kepada partainasdem.id, Rabu (8/4).

Ketua DPD NasDem Kabupaten Pasuruan, itu menambahkan, sampai hari ini yang ada baru sebatas keterjebakan birokrasi kelompok dan golongan, belum pada tindakan nyata atau real action dengan pelibatan multipihak secara sinergi dan sistematis.

"Sebagaimana temuan kami di lapangan, Kepala Puskesmas pun mengeluh, karena antara protap penanganan dan sarana dan prasarana yang tersedia belum memadai. Contoh sederhana saja, ketersediaan dan ketercukupan masker sangat jauh dari jumlah idealnya. Belum lagi hal hal lain. Ini jika tidak segera ditindaklanjuti, akan membahayakan," papar Kaji Joko, sapaan akrab Joko Cahyono.

Ironisnya lagi, tambah Kaji Joko, DPRD telah mengamini dan memberikan kelonggaran anggaran untuk dipergunakan menangani Covid 19, namun pelaksanaannya sangat lamban dan cenderung tidak terkonstruksi dengan baik. Sehingga akhirnya banyak warga swadaya menyemprot disinfektan dan sebagainya. 

"Kami tidak ingin disebut pahlawan kesiangan, tapi jujur saja, di Kabupaten Pasuruan, dan banyak tempat lainnya, Partai NasDem terkesan menjadi motor dalam menyemprotkan disinfektan di lingkungan, dan sarana publik lainnya. Ini kami lakukan hampir setiap hari," pungkas Kaji Joko.

Pernyataan Joko Cahyono tersebut diungkapkan di tengah menyemprotkan disinfektan dan pemberian bantuan lima liter hand sanitizer di Kelurahan Prigen, Kabupaten Pasuruan,, Selasa (7/4).(*)

Add Comment