a

Wakil Rakyat Fraksi NasDem di Ternate Donasikan 50% Gaji untuk Atasi Covid-19

Wakil Rakyat Fraksi NasDem di Ternate Donasikan 50% Gaji untuk Atasi Covid-19

TERNATE (6 April): Aksi kemanusian peduli covid 19 terus digiatkan. Mengikuti instruksi DPP Partai NasDem dan Ketua Umum Surya Paloh, Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate mendonasikan 50 persen gajinya untuk kegiatan solidaritas pangan Ternate Sedekah Beras di wilayah Kota Ternate Tengah, Maluku Utara, Minggu (5/4). 

Aksi ini dilakukan di sejumlah titik kelurahan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 mulai dari tukang ojek, pengusaha kecil seperti kue basah, kerupuk rumahan, para lansia, buruh, yang membutuhkan uluran tangan dan bantuan. 

Data tersebut diambil dari 15 kelurahan berdasarkan data dari relawan dan ranting NasDem serta Relawan Talas Center Peduli Covid 19.

Ketua Fraksi NasDem Kota Ternate, Nurlaela Syarif, mengatakan rakyat memerlukan uluran tangan para legislator dengan sejumlah terobosan aksi nyata. 

"Kami bersyukur NasDem begitu peduli, dan mengajarkan seluruh kader untuk terdepan dan militan. Tidak hanya lewat gagasan instrumen kebijakan sebagai lembaga DPRD, akan tetapi aksi nyata ikut membantu pemerintah daerah lewat bantuan sosial juga harus dilakukan," papar Nurlaela.

Atas dorongan itulah sebagai ketua Fraksi NasDem, Nurlaela Syarif menyumbangkan 50 persen pendapatan DPRD-nya (gaji) untuk sedekah beras, masker, hand sanitizer, dan semprotan disinfektan di sejumlah titik yang membutuhkan.

"Alokasi 50 persen gaji bisa dibelikan 5 kg beras berjumlah 500 pax dan dibagikan bersama relawan NasDem juga Relawan Talas Center Peduli Covid-19," tambah Nurlaela.

Menurut Nurlaela, aksi ini sekaligus mengkritik Pemkot Ternate yang selama situasi darurat covid 19, masih fokus pada penanganan yang bersifat survailens Tim Gugus Covid 19 saja. 

"Memang Pemkot sudah berupaya optimal, hanya belum holistik, dampak covid 19 ini kan juga meluas ke aspek sosial dan ekonomi," ujarnya. 

Ditambahkan Nurlaela yang juga seorang dosen itu, kebijakan merumahkan masyarakat, setop segala bentuk aktivitas akhirnya berdampak pada sosial ekonomi yang begitu terasa.

"Pendapatan warga berkurang, tingkat stres warga bertambah karena beban hidup dan ekonomi," tegasnya. 

Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate lewat aksi ini ingin meminta Pemkot segera membuat strategi kebijakan bantuan sosial dengan memanfaatkan pihak kelurahan agar data masyarakat yang terkena dampak covid 19 dari aspek sosial ekonomi bisa segera dirumuskan dan segera diimplementasikan.(*)

Add Comment