a

Pemprov Sulteng Perlu Percepat Realokasi Anggaran Covid-19

Pemprov Sulteng Perlu Percepat Realokasi Anggaran Covid-19

PALU (4 April): Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Nilam Sari Lawira menyarankan kepada pemerintah setempat segera melakukan realokasi anggaran untuk menunjang percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah itu.

"Realokasi anggaran sebaiknya diputuskan cepat," kata Legislator Partai NasDem Sulteng itu di Palu, dalam rilisnya yang dikirim ke partainasdem.id, Sabtu (4/4).

Nilam Sari menyampaikan hal itu lewat rapat virtual lintas komisi di DPRD Sulteng dengan mitra kerja, meliputi BPBD, dinas kesehatan, rumah sakit umum, dan Polda Sulteng pada, Jumat (3/4).

Nilam Sari menjelaskan, realokasi penting dilakukan apalagi menyangkut dengan skala prioritas dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 seperti pengadaan alat kesehatan, alat pelindung diri (APD) dan sabuk pengaman sosial berdasarkan tingkat risiko sosial ekonomi yang telah diperhitungkan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Dalam rapat itu, Nilam juga menyarankan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar mempercepat pengadaan alat laboratorium rapid test. Hal itu untuk mempercepat deteksi dini dan diagnosis status pasien Covid-19.

Menurut dia, alat itu penting, agar tindakan medis bisa berjalan cepat sesuai protokol penanganan Covid-19.

"Sebab, hal itu berkaitan erat dengan kebutuhan fasilitas alat kesehatan yang dimiliki setiap rumah sakit. Tentu saja bergantung dengan hasil tes dan modeling rasio korban Covid-19," tegasnya.

Menurut Nilam, jika penanganan menunggu hasil laboratorium dari Jakarta, memiliki risiko pada penyebaran wabah.

"Misalnya, kelambatan hasil tes bisa berdampak pada pengurusan korban meninggal sesuai protokol penanganan Covid-19 atau berisiko tinggi pada tingkat penyebaran virus," katanya.

Dia menyampaikan atensi khusus kepada semua anggota DPRD Sulteng, untuk mendukung upaya pemerintah karena ini merupakan misi kemanusiaan yang memerlukan saling pengertian tinggi. Bukan saja berkaitan dengan realokasi anggaran tetapi juga dukungan moril, dan semangat bagi terciptanya solidaritas melawan Covid-19.(NasDem Sulteng/Hamdin/*)

Add Comment