a

Pemerintah Perlu Fokus Lakukan Langkah Nyata

Pemerintah Perlu Fokus Lakukan Langkah Nyata

PROBOLINGGO (1 April): Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan Aminuddin mengatakan pemerintah melalui sejumlah kementerian terkait, perlu fokus melakukan langkah-langkah nyata. Salah satunya dengan memberikan bantuan sosial (bansos).

Hal itu disampaikan dalam rapat Komisi IV DPR RI via teleconference perihal pandemi virus Corona (Covid-19), Selasa (31/3).

Hasan mengatakan, pandemi Covid-19 membuat hampir semua lini kehidupan masyarakat terhambat, terutama sektor ekonomi. 

“Penyaluran bansos adalah solusi yang tepat. Penyalurannya harus disederhanakan, teknisnya tidak berbentuk uang tapi barang,” ujar Hasan yang mengikuti rapat virtual itu dari kediamannya di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Ada tiga jenis barang berupa bahan pokok yang dinilai penting untuk disalurkan. Yakni beras, minyak goreng, dan telur. Menurut Legislator NasDem itu, tiga bahan pokok tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat di level grass root (akar rumput) dan sifatnya mendesak. 

Terkait sasaran penerima bansos, anggota Dewan dari NasDem ini menyarankan, agar disesuaikan dengan mitra kerja Komisi IV DPR. Meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Perum Bulog, Badan Restorasi Gambut (BRG). Hasan juga menyebut BUMN perlu menyalurkan bantuan.

"Kementerian Pertanian menyalurkan bansosnya ke para petani. KKP kepada para nelayan, dan seterusnya. Dua elemen bangsa ini tengah menunggu apa langkah nyata dari pemerintah,” terangnya. 

Ia juga meminta, pemerintah untuk lebih mengefektifkan kementerian- kementerian. Pasalnya, apa yang disampaikan pemerintah terkait penanganan Covid-19 sejauh ini masih bersifat umum. Kebanyakan masih seputar kesehatan. Sementara dalam hal kebijakan terkait sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, serta kelautan, Hasan merasa pemerintah belum menyampaikan langkah-langkah nyata.

“Seharusnya yang disampaikan lebih fokus dan tidak bersifat umum. Ini menjadi perhatian Komisi IV DPR. Petani dan nelayan sudah menunggu apa langkah pemerintah. Dan menurut hemat kami, yang tepat adalah penyaluran bansos berupa beras, minyak goreng, dan telur,” tegas Hasan.

Legislator NasDem dari dapil Jawa Timur II ini mendesak, mitra Komisi IV DPR untuk menaruh perhatian terhadap usulan tersebut. Jika para mitra sepakat, Hasan meminta mereka segera mengkoordinasikan penyaluran bantuan dengan Komisi IV DPR.

“Kami bersama-sama pemerintah menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat, khususnya petani dan nelayan,” pungkasnya.(HH/*)

Add Comment