a

Fraksi NasDem Setuju Jakarta Dikarantina Asal Ada Jaminan Listrik dan Pangan

Fraksi NasDem Setuju Jakarta Dikarantina Asal Ada Jaminan Listrik dan Pangan

JAKARTA (29 Maret): Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan karantina wilayah. Namun keputusan tersebut harus diikuti jaminan ekonomi kepada rakyat Jakarta.

"NasDem mendorong yang terbaik, tapi syaratnya ada kesepahaman kerja antara pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta, ini nggak boleh beda tentang bencana Covid-19 ini," ujar Ketua Fraksi NasDem DKI, Wibi Andrino, Sabtu (28/3).

Wibi menambahkan, Fraksi NasDem Jakarta tidak memasalahkan bila daerah Jakarta dikarantina asalkan keputusan tersebut sudah bulat antara seluruh pemangku kebijakan.

"Jangan lempar-lempar kesalahan atau tanggung jawab. Bukan begitu menyelesaikan masalah ini," imbuhnya.

Wibi menyetujui apabila Pemprov terpaksa melakukan karantina wilayah untuk menekan virus corona, namun pemerintah harus memberikan subsidi kepada rakyat.

Wibi mengatakan saat ini Jakarta telah menjadi pusat penyebaran corona di Indonesia. Apabila tidak dilakukan karantina, para pendatang di Jakarta akan membawa virus ke daerah mereka apabila musim mudik tiba.

"Kekhawatiran kami NasDem di DKI Jakarta bila tidak dikarantina, maka penduduk pendatang yang nanti pulang kampung akan membawa wabah ini ke kampung masing-masing. Ini bisa jadi problem yang sangat serius. Jakarta saja kewalahan bagaimana daerah yang belum mempunyai fasilitas kesehatan yang belum sehebat Jakarta," tutur legislator NasDem DKI Jakarta.

Selain itu, Wibi meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan untuk rakyat serta subsidi listrik diberikan semasa karantina berlangsung.

"Tapi bilamana sudah masuk karantina wilayah yang kami desak Jakarta siap, pertama masalah pangan, terus masalah fasilitas kesehatan, hak dasar kesehatan rakyat Jakarta harus terpenuhi. Terus masalah yang lain, misal pemerintah pusat mampu memberikan subsidi listrik dalam masa ini karena kita diminta di rumah. Yang tadinya listrik tidak dipakai mahal karena kita di rumah harga listrik melonjak. Berikanlah subsidi itu kepada kita," sebut Wibi yang juga sekretaris DPW NasDem Jakarta.(HH/*)

Add Comment